Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Longsor Freeport. Apa Sebabnya?

21 May 2013 10:48



Insiden tragis menimpa sejumlah karyawan PT Freeport Indonesia , Selasa 14 mei 2013 terowongan sebuah tambang dan emas di Mimika Papua secara mengerikan tertutup tanah yang longsor.  Dalam insiden ini lebih dari 32 orang terperangkap. Terowongan yang tertutup oleh longsor terletak disekitar jalan masuk ke area Big Gossan, Mil  74 dari arah Timika.

Mengetahui kejadian ini manajemen perusahaan bergerak cepat dengan menurunkan Tim Emergency Response Group (ERG) Freeport dan tenaga bantuan petugas medis Rumah Sakit SOS Tembagapura, karyawan Security and Risk Manajement (SRM) beserta sejumlah anggota polisi dari Polsek Tembagapura berusaha keras mengevakuasi para korban. Evakuasi dilakukan dengan cara menembus sisi lorong lain dari terowongan itu.

longsor_freeport.jpgSebagaimana dikutip dari bisnis-kti.com hingga kemarin korban tewas yang ditemukan mencapai  14 orang, sedangkan 10 orang ditemukan selamat dan lebih dari 10 orang msh belum ditemukan karna masih terperangkap di  reruntuhan.

Seperti dilansir viva.co.id Vice President Corporate Communications Freeport Indonesia, Daisy Primayanti menjelaskan longsor terjadi di terowongan fasilitas pelatihan tambang bawah tanah runtuh menimpa sejumlah karyawan. Lokasi longsor berada di tingkat kesulitan yang tinggi sehingga proses penyelamatan membutuhkan waktu.

Penyebab dari terjadinya insiden ini pun belum dapat di jelaskan secara jelas, karna PT Freeport Indonesia baru akan melakukan investigasi dengan berbagai cara dan langkah agar kejadian serupa tidak akan terulang.

Banyak penyebab terjadinya insiden ini dari mulai faktor alam,kesalahan manusia dan lain – lainya. Faktor alam mungkin adalah salah satu faktor yang dapat menyebapkan insiden ini terjadi, pergerakan tanah yang begitu cepat memungkinkan tanah menjadi longsor dan hal ini dapat menyebapkan longsor.

lokasi_longsor.jpg

















     Lokasi terjadinya longsor freeport

Pergerakan tanah sebenarnya dapat di deteksi secara dini dengan menggunakan metode slope monitoring
karna slope monitoring dapat mendeteksi setiap pergerakan tanah, dengan memanfaatkan alat GPS Monitoring,  data – data tentang pergerakan tanah dapat cepat didapat, sehingga peringatan akan terjadinya tanah longsor dapat cepat dikeluarkan.

Slope monitoring   sendiri termasuk dalam monitoring online dengan sistem monitoring online berbagai kemudahan dapat didapatkan.

 
Sumber:

http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/05/14/204941_lokasi-longsor-freeport-indonesia_663_498.jpg
http://image.metrotvnews.com/bank_images/galeri/3696_8646.jpg



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com