Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Kalibrasi?

28 April 2017 09:39


jasa kalibrasi interval kalibrasiSetiap industri pasti sudah tahu bahwa alat uji dan alat ukur harus dikalibrasi untuk mendapatkan standart pengukuran yang tepat. Pertanyaannya, kapankah alat ukur dan alat uji harus dikalibrasi? Apakah sebulan sekali? Setahun sekali? Atau sepuluh tahun sekali?

 

 

Sebenarnya untuk penentuan jangka waktu kalibrasi tergantung dari pelaku industri itu sendiri. Karena, apapun yang terjadi pada instrument ukur dan uji yang mereka memiliki adalah tanggung jawab mereka sendiri. Namun, tidak sedikit pelaku industri yang memang kurang memahami waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi.

 

 

Kalau begitu, sebagai pelaku industri bisa meminta saran dari laboratorium yang sudah terkualifikasi mengenai waktu yang tepat untuk mengkalibrasi alat ukur dan alat uji. Tentu saja penentuan waktu kalibrasi harus didasari dengan kajian ilmiah dari instrument atau alat tersebut.

 

 

Dalam menentukan interval atau waktu untuk melakukan kalibrasi harus dilihat dulu dari alat itu sendiri, mulai dari umur alat, kinerja alat, dan juga pabrik pembuat alat tersebut. Selain itu, jangka waktu pemakaian hingga cara perawatannya juga menjadi tolak ukur dalam menentukan waktu kalibrasi.

 

 

Laboratorium juga tidak bisa memberikan interval atau waktu kalibrasi secara asal. Lab juga harus memeriksa kinerja alat, history dari alat, dan juga catatan teknis mengenai alat tersebut. Setelah itu semua dilakukan, barulah lab boleh memberika interval untuk kalibrasi.

 

 

Pertanyaannya, bagaimana jika lab tidak bisa melakukan hal tersebut?

 

 

Jawabannya, sebaiknya jangan memaksakan dan mengembalikan lagi kepada customer. Karena nanti akan mempengaruhi kredibilitas dari laboratorium itu sendiri.

 

 

Bahkan, ISO pun juga sangat melarang lab untuk memberikan waktu atau interval kalibrasi sewenang-wenang. Hal ini biasanya dilakukan lab agar para konsumen melakukan kalibrasi dalam waktu yang dekat sehingga pihak lab mendapat keuntungan dari sisi ekonomisnya.

 

 

Penentuan waktu kalibrasi sebenarnya bisa diperkiran seperti anda mengganti oli kendaraan. Misalkan, alat ukur harus dikalibrasi saat mencapai 400 jam penggunaan atau setahun sekali dari masa pemakaian.

 

 

Jika anda masih ragu dan bingung untuk melakukan kalibrasi maka anda bisa menggunakan jasa kalibrasi yang disediakan oleh Testindo. Kami menggunakan tenaga ahli dan laboratorium terkualifikasi untuk melakukan kalibrasi. Jika anda berminat silakan langsung hubungi staff kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bisa juga melalui kolom chat berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com