Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Apa Itu Dynamometer?

24 August 2020 16:30


Testindo.com - Daya merupakan parameter yang menunjukkan unjuk kerja suatu mesin atau alat penghasil energi, misalnya mesin mobil/motor. Alat yang sudah dikenal untuk mengukur daya dari mesin mobil / motor adalah dinamometer. Daya yang ditransmisikan mesin dapat dihitung dari torsi dengan menggunakan persamaan P = ? x T dimana, P adalah daya mesin (Watt). T adalah torsi (Nm) dan ? adalah kecepatan sudut (rad/s). Alat yang digunakan untuk mengukur daya adalah dinamometer dan diklasifikasikan dalam tiga jenis tergantung pada susunan mesin, dan daya yang dapat diukur. Tipe dinamometer adalah :

1. Dinamometer Transmisi Pada Dinamometer ini daya yang ditransmisikan melalui peralatan yang telah diukur. Peralatan tidak berupa generator daya      maupun pengabsorpsi daya dan Dinamometer ini menggunakan poros transmisi daya antara penggerak utama dan beban

2. Dinamometer Penggerak Selain untuk mengukur dinamometer ini juga digunakan untuk menggerakan peralatan yang akan diukur atau dinamometer      ini adalah generator daya seperti motor listrik.

3. Dinamometer Absorpsi Dinamometer absorpsi mengubah energi mekanik sebagai torsi yang diukur, sehingga sangat berguna untuk mengukur daya      atau torsi yang dihasilkan sumber daya seperti motor bakar atau motor listrik.

Dinamometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur prestasi sebuah mesin. Menurut cara/ metode pengukurannya, dinamometer dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu Engine Dinamometer (ED) dan Chassis Dinamometer (CD). Metode pengukuran dengan dinamometer tipe (ED), poros output mesin dihubungkan langsung dengan dinamometer, sedangkan untuk tipe CD pengukuran daya dilakukan melalui roda penggerak kendaraan. Mesin dihidupkan dalam waktu yang relatif singkat hingga mencapai kecepatan putar maksimal lalu besar hasil pengukuran dapat dilihat melalui monitor atau panel analog yang terdapat pada unit dinamometer.



Dinamometer Chassis adalah dinamometer yang mengukur daya yang dialirkan melalui permukaan ”drive roller” yang digerakkan oleh roda kendaraan yang sedang diukur. Kendaraan yang akan diukur pada umumnya diletakkan diatas roller, lalu kendaraan dijalankan menurut metode pengukuran yang ingin Available online at Website http://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi ROTASI – Vol. 14, No. 3, Juli 2012: 8?12 9 digunakan untuk mengetahui daya kendaraan yang terukur. Dinamometer mengapsorsi tenaga yang dikeluarkan oleh mesin dengan cara pengereman bertahap sejak mesin dalam keadaan idle hingga sampai ada RPM maksimum. Paper ini membahas mengenai pengujian suatu Chassis Dinamometer Tipe Water Brake. Suatu Dinamometer yang telah dibuat perlu diuji agar dapat digunakan sesuai dengan benar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dinamometer tersebut.




Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com