Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Online Monitoring untuk Proses Pre Load

04 August 2020 21:39


Loading Test System

Dalam melakukan Preload test biasanya akan diukur perbedaan ketinggian tanah. Dalam pengukuran tersebut menggunakan Instrument Monitoring System untuk mendapatkan data yang tepat dan akurat. Pemindahan sejumlah volume tanah akibat adanya perbedaaan ketinggian (ketinggian muka tanah asli dengan ketinggian rencana trase) di suatu tempat timbunan atau urugan dibagi dalam 2 macam sesuai dengan maksud penggunaannya yaitu :


Timbunan biasa, adalah timbunan atau urugan yang digunakan untuk pencapaian elevasi akhir subgrade yang disyaratkan dalam gambar perencanaan tanpa maksud khusus lainnya. Timbunan biasa ini juga digunakan untuk penggantian material existing subgrade yang tidak memenuhi syarat.

 

 

 

 

 

Bahan timbunan biasa harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut :
 

  • Timbunan yang diklasifikasikan sebagai timbunan biasa harus terdiri dari tanah yang disetujui oleh Pengawas yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam pekerjaan permanen.

  • Bahan yang dipilih tidak termasuk tanah yang plastisitasnya tinggi, yang diklasifikasi sebagai A-7-6 dari persyaratan AASHTO M 145 atau sebagai CH dalam sistim klasifikasi “Unified atau Casagrande”. Sebagai tambahan, urugan ini harus memiliki CBR yang tak kurang dari 6 %, bila diuji dengan AASHTO T 193.

  • Tanah yang pengembangannya tinggi yang memiliki nilai aktif lebih besar dari 1,25 bila diuji dengan AASHTO T 258, tidak boleh digunakan sebagai bahan timbunan. Nilai aktif diukur sebagai perbandingan antara Indeks Plastisitas (PI) – (AASHTO T 90) dan presentase ukuran lempung (AASHTO T 88).

Timbunan pilihan, adalah timbunan atau urugan yang digunakan untuk pencapaian elevasi akhir subgrade yang disyaratkan dalam gambar perencanaan dengan maksud khusus lainnya, misalnya untuk mengurangi tebal lapisan pondasi bawah, untuk memperkecil gaya lateral tekanan tanah dibelakang dinding penahan tanah talud jalan.

Bahan timbunan pilihan harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut :

  • Timbunan hanya boleh diklasifikasikan sebagai “Timbunan Pilihan” bila digunakan pada lokasi atau untuk maksud yang telah ditentukan atau disetujui secara tertulis oleh Pengawas.

  • Timbunan yang diklasifikasikan sebagai timbunan pilihan harus terdiri dari bahan tanah berpasir (sandy clay) atau padas yang memenuhi persyaratan dan sebagai tambahan harus memiliki sifat tertentu tergantung dari maksud penggunaannya. Dalam segala hal, seluruh urugan pilihan harus memiliki CBR paling sedikit 10 %, bila diuji sesuai dengan AASHTO T 193.

Untuk memantau proses pekerjaan penimbunan biasa nya kontraktor memasang beberapa Instrument monitoring system , untuk memonitoring penurunan yang terjadi pada saat di lakukan Pre Load Test . Beberapa Instrument yang di pasang mempunyai fungsi yang berbeda  dan ketika adanya instrument yang di pasang pada timbunan akan di lakukan monitoring pada masing masing sensor . Berikut adalah beberapa Instrument Yang di pasang pada timbunan

 

  1. Inklinometer

Inklinometer adalah sebuah instrument yang berfungsi untuk megukur pergerakan tanah secara lateral , biasanya di pasang pada saat sedang terjadi pekerjaan Timbunan , Galian dll. Aplikasi Inklinometer Sendiri bias di gunakan pada tanah atau pun pada Pile ( Slurry Wall dan Secant Pile )

Item yang di butuhkan untuk pemasangna Inklinometer adalah: Pipa Inklinometer , Coupling Inklinometer , Bottom Cup , Top Cup , Dan Alat untuk memonitoring Inklinometer

 

Pipa Inklinometer

 

Pipa Inklinometer memiliki spesifikasi yang berbeda ada yang terbuat dari bahan PVC dan Stainless , Ukuran diameter nya pun berbeda bervariasi untuk Pipa Inklinometer Berbahan PVC ABS yang banyak di pakai untuk Instrumen monitoring dengan ukuran diameter 70mm dan panjang 2 atau 3 meter

 

MEMS Digital Inklinometer

 

Berfungsi sebagai pengukur pergerakan tanah , dimana Probe di masukkan kedalam pipa inclinometer yang telah di pasang kemudian proses pengambilan data di lakukan , secra bertahap sesuai dengan kebutuhan kita.

 

pipa inklinometer online monitoringprobe inklinometer online monitoring

               Pipa Inkliometer                              Probe Inklinometer

 

 

MEMS Digital Online Monitoring

 

MEMS Digital Inclinometer

 

 

                            

In Place Inclinometer                 In Place Inclinometer and Pipe

 

 

2.Piezometer

 

Piezometer adalah sensor yang berfungsi mengukur tekanan pori , sangat penting mengetahui tekanan pori air ketika di lakukan Pre Load Test . Sensor Ini di tanam di lubang bor dan di lakukan proses grouting pada lubang bor keyika pemasangan sensor telah selesai ditanam.

 

 

 

                                                Piezometer

 

 

3.Settlement Plate

 

Settlement Plate berfungsi Mengukur penurunan pada Tanah ketika di lakukan proses Pre Load test

 

loading test sensorloading test online monitoring

 

4.Magnetic Extensometer

 

Magnetic Extensometer berfungsi mengukur penurunan pada tiap elevasi Tanah sensor ini di pasang pada pipa inclinometer dan penempatannya di pasang di tanah tanah yang kritikal.

 

Dengan semakin berkembangya teknologi Untuk beberapa sensor yang memilik type Vibrating Wire dapat di lakukan monitoring secara Online dan terus menerus . Untuk di pekerjaan Pre  Load test sendiri sensor yang menggunakan Vibrating Wire ada beberapa sensor seperti , In Place Inklinometer , Vibrating Wire Piezometer.

 

 

Online Monitoring adalah system pengukuran dan pemantauan suatu pekerjaan yang dimana data dapat di rekam secara terus menerus dapat juga di sesuaikan dengan kebutuhan kita , untuk data yang di rekam memiliki nilai keakuratan yang sangat tinggi dan data yang di hasilkan bisa di aplikasikan dengan formula yang kita inginkan seperti mengukur Regangan , Tekanan , Pressure , Displacement dll . Dan Hasil dari perekaman data bisa kita lihat secara langsung di PC atau dimanapun yang kita inginkan .

 

 

 

Layout Online Monitoring system

 

online monitoring system service jasa

 

Tampilan Hasil Online Monitoring System

 

online monitoring system, tampilan layout

 

Keunggulan Monitoring Online System:

  1. Data yang di dapat  sangat akurat dan memiliki ketelitian ukur yang sangat tinggi sehingga loading test dapat berjalan dengan baik.
  2. Perekaman data dapat di lakukan secara terus menerus 24 jam dan di tampilkan langsung  pada PC yang kita inginkan
  3. Hasil data yang di keluarkan sesuai dengan apa yang kita formulakan.
  4. Tidak Perlu mengirimkan personil untuk melakukan pengambilan data setelah System online monitoring di install di Site anda
  5. Menghemat waktu dan biaya anda


Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com