Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Hindari Beberapa Jalur Mudik Yang Berpotensi Longsor

22 July 2013 14:32


Jalan Rawan Longsor Anomali cuaca yang terjadi akhir – akhir ini banyak berdampak dengan berbagai hal, salah satunya adalah dari keamanan jalan saat berkendara, menjelang mudik beberapa jalur jalan khususnya dipulau jawa memiliki potensi terjadi bencana tanah longsor.  Menurut dua pakar geologi UGM Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D dan Prof. Dr. Subagyo Pramuwijoyo berpendapat . "Untuk jalur mudik di Jawa, antisipasi terutama harus ditingkatkan pada jalur-jalur alternatif," ujar Dwikorita Karnawati didampingi Subagyo Pramuwijoyo.

Menurut Prof Dwikorita pernyataan itu bukan untuk menakut-nakuti, namun sebagai antisipasi potensi bencana yang terus diwaspadai di sepanjang pegunungan selatan Jawa. Mulai dari Bandung, Tasikmalaya, Kebumen, Pacitan, Trenggalek, hingga Jember. ''Juga untuk wilayah tengah, antara Cirebon hingga Bumiayu, maupun di sepanjang pegunungan Dieng, untuk Jawa Tengah,'' katanya.

Bencana alam tanah longsor, menurutnya, biasanya banyak terjadi pada menjelang maghrib hingga malam hari setelah terjadi hujan sejak pagi atau bahkan hujan beberapa hari sebelumnya. ''Setelah air terkonsentrasi cukup besar, saat itulah potensi menimbulkan longsoran juga besar,'' ujarnya.

Prof Subagyo menambahkan, untuk di wilayah pegunungan karst seperti di Gombong, DIY, dan lain-lain lebih aman. Karena sifat batu-batuan karst lebih aman dari potensi bahaya longsor. ''Dengan bentuk kerucut tertentu dan karena sifat pelarutannya, maka lebih aman dibandingkan daerah pegunungan yang lain,'' katanya.
 

Slope monitoring Mendeteksi Dini Pergerakan Tanah


GPS MonitoringPergerakan Tanah sebenarnya dapat dideteksi dengan cepat, dengan melakukan pemantauan kondisi lereng atau slope monitoring didaerah yang berpotensi mengalami tanah longsor .

Slope monitoring memanfaatkan teknologi Global Positioning Unit Monitoring (GPS Monitoring) yang dapat mengukur tingkat deformasi kerak dan kecepatan lempeng tektonik untuk lebih dari 1 mm / tahun. Selain itu data yang diperoleh secara akurat dapat menjadi sebuah peringatan dini akan terjadinya bencana tersebut, sehingga mengurangi kerugian material dan korban jiwa.
 

Manfaat lain dari pengunaan Global Positioning Unit Monitoring (GPS Monitoring) adalah kegiatan dilakukan secara langsung (monitoring online), PT Testindo selaku perusahaan testing service Indonesia bergerak dibidang jasa pengujian dan pengukuran menjual berbagai macam produk GPS Monitoring sesuai dengan berbagai kebutuhan anda.

 

Sumber: http://www.ugm.ac.id/id/berita/8029-hindari.jalur.rawan.longsor
Sumber Foto: http://news.xinhuanet.com/english/photo/2012-06/12/131646321_31n.jpg

 



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Email: sales@testindo.com