Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Sistem Online Monitoring pada PLTS

09 July 2015 09:24


Sistem Online Monitoring PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang berbasiskan web menggunakan sensor nirkabel.

Indonesia merupakan negara Seribu Pulau atau sering disebut negara kepulauan, sehingga pembangunan di Indonesia cenderung kurang merata dikarenakan banyak daerah terpelosok. Daerah yang terpelosok seringkali menjadi tempat yang cocok untuk eksploitasi penggunaan sumber energi tenaga surya. Energi surya digunakan untuk memenuhi energi listrik yang sangat berperan penting sebagai pembangunan, karena biaya penyediaan energi listrik konvensional ke daerah sangat tinggi, contohnya, untuk transportasi, distribusi, operasi dan pemeliharaan. Penggunaan sumber surya khususnya PLTS, menawarkan keuntungan dalam jangka yang panjang seperti biaya operasi rendah dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan.

Online Monitoring PLTS di daerah terpencil sangaatlah penting dalam menjamin kondisi operasi yang dapat diandalkan. Memantau dengan cara mengunjungi kedaerah tidaklah praktis dan akan mahal biaya, oleh karena itu pemantauan dengan transmisi data nirkabel dan berbasis web (Online Monitoring) adalah cara yang layak dan efisien.

Kondisi operasional dan kinerja PLTS tergantung pada konfigurasi sistemnya dan kondisi cuaca. Karakteristik utama selain arus operasi tatanan modul surya, tegangan operasi tatanan modul surya (Va) dari PLTS adalah arus singkat (L sc), tegangan hubungan terbuka (V oc), arus maximum (I mp), tegangan maksimum (V mp). Karakteristik tersebut dipengaruhi ileh Irradiasi surya / Gi dan suhu sel surya / Tc. Karakteristik tersebut merupakan parameter awal dalam faktor penggunaan (usage factor) dan menilai efisiensi.  Efisiensi adalah kemampuan PLTS untuk merubah energi surya menjadi energi listrik, sedangkan faktor penggunaan atau usage faktor adalah perbandingan energi yang dibangkitkan dengan energi maksimum yang di produksi oleh PLTS.

Informasi degradasi efisiensi dan deteksi dini kegagalan sistem, akan mempermudahkan ketersediaan dan kehandalan PLTS. Salah satu metode untuk melakukan peningkatan ketersediaan dan kehandalan adalah Online Monitoring.

Dalam penelitian ini mengembangkan sistem Online monitoring yang mudah, hemat biaya, dengan sistem Online, selalu terintegrasi dengan PLTS. Sistem  dikembangkan berbasis web dengan hemat biaya dan menggunakan Free Open Source Software (FOSS).

Dari hasil pengujian dan hasil analisis karakteristik PLTS yang dipasang di atas jembatan gedung TP Rahmat ITB selama seratus jam, setara denga 20 hari (5 jam irradiasi). Hasil tersebut memperoleh kondisi operasi faktor penggunaan usage faktor = 0,24. Ini menandakan energi listrik PLTS tersebut baru saja digunakan sebesar 24% dari maksimal energi yang dibangkitkan. Sedangkan dari sisi kinerjan diperoleh rata rata efisiensi sebesar 9,59%. Ini berarti efisiensi efisiensi energi surya menjadi energi listrik sebesar 9,59% pada PLTS tersebut.

PT Testindo merupakan perusahaan indonesia yang bererak dibidang Control dan Monitoring System, pengukuran dan pengujian. Saat ini Testindo didukung oleh lebih dari 100 karyawan enginering dan teknisi dari beberapa ilmu pengukuran dan dan monitoring dari unuversitas dalam dan universitas luar negeri.
 
PT Testindo melayani Client dari perusahaan yang bergerk dibidang industrial, kelistrikan, minyak dan gas, pertambangan, keamanan, bidang sipil dan lain lain yang terkait peningkatan Quality Assurance, Health and Safety (HSE), reliability and productivity, serta Research & Development.
 



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Email: sales@testindo.com