Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Pentingnya Load Test Jembatan Static dan Dynamic

19 October 2017 17:17


Load Test Jembatan Static dan Dynamic

 

 

Load test merupakan metode pengujian dengan cara merusak sebagian atau seluruh komponen dan juga dengan menggunakan beban untuk mengetahui tingkat keselamatan bangunan sudah memenuhi standar yang ada. Maka dari itu, biasanya metode loading test ini hanya dilakukan pada bagian yang terlihat rapuh atau bagian yang dicurigai tidak memenuhi standar dan syarat bangunan yang ada.

 

 

Salah satu bangunan yang harus diuji menggunakan metode loading test ini adalah jembatan. Karena setiap harinya jembatan harus menampung banyak beban, baik itu beban kendaraan yang bergerak ataupun yang sedang berhenti. Metode pengujiannya berupa metode load test static dan loading test dynamic.

 

 

Metode Load Test Static

 

Cara ini menggunakan beban statis artinya beban yang digunakan bersifat diam, baik itu intensitasnya ataupun arah garis kerjanya. Biasanya untuk penggunaan beban static ini menggunakan truk yang berisi pasir atau material padat. Metode loading test ini juga dapat mengukur ketahanan tiang pancang. Sehingga jika ada bagian tiang pancang yang rusak dapat dilakukan perbaikan dengan cepat.

 

 

Penerapannya, jika suatu saat diatas jembatan terjadi kemacetan sehingga banyak kendaraan besar yang berhenti, maka jembatan tetap mampu menahan beban kendaraan tersebut.

 

 

Metode Load Test Dynamic

 

Untuk cara ini menggunakan instrument system atau alat yang bernama PDA (Pile Dynamic Analyzer). Alat ini berupa komponen yang dirancang menjadi komputer khusus untuk memantau varaiable yang diperlukan dengan perhitungan dynamic menggunakan prinsip wave mechanic. Data yang diperoleh dari PDA ini nantinya dapat menjadi tolak ukur dalam pembangunan jembatan.

 

 

Kedua metode loading test diatas tentunya membutuhkan alat serta perhitungan yang tepat sehingga standar dan juga persyaratan dalam pembangunan jembatan dapat terpenuhi dengan baik. Manfaat dari loading test ini, jembatan tidak mudah runtuh dan bisa menahan beban yang lewat setiap harinya.

 

 

PT Testindo juga melayani jasa loading test jembatan static dan dynamic. Jika anda berminat atau ingin mengetahui lebih jelasnya silakan hubungi staff kami dengan menggunakan kolom chatting dibawah atau dengan menghubungi nomor telpon yang ada di website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com