Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Deteksi dini suara abnormal pada mesin dengan condition monitoring

02 July 2018 09:14


Banyak mesin-mesin yang berperan dalam kehidupan sehar hari dari mulai mesin pemotong rumput, mesin motor, mesin, mobil, sampai dengan mesin industrial,  dalam penggunaannya sering kali terjadi kerusakan karena kurang perdulinya akan kondisi mesin yang dipergunakan, Salah satu kesalahan dalam penggunaan mesin yang dapat berakibat buruk adalah karena sikap terlalu acuh pengguna mesin terhadap bunyi-bunyi abnormal yang terjadi pada mesin dan dari hal ini banyak dampak yang didapat dan apa hubungannya dengan condition monitoring, pada kesempatan kali ini saya akan jelaskan.

condition_monitoringSifat acuh terjadi karena merasa mesin masih bisa beroperasi tanpa adanya kendala yang terlihat jelas, mayoritas para pengguna mesin, khususnya mesin indurstri tidak melakukan pemeriksaan apapun walau selalu mendengar bunyi-bunyi yang tidak biasa ketika sedang beroperasinya sebuah mesin bahkan sifat acuh para pengguna mesin menyebabkan pengguna tidak sadar akan adanya suara abnormal yang terjadi pada mesin yang sedang beroperasi sehingga dapat berdampak pada performa mesin dan biaya operasional.

Padahal, Suara-suara abnormal pada mesin seperti itu bisa menjadi sinyal bahwa ada ancaman kerusakan yang lebih serius untuk ditindak lanjuti walau pun pada tampilan fisik mesin tidak ada bentuk kerusakan yang begitu jelas terlihat. Waspadai suara abnormal pada mesin anda untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi dan meminimalisir biaya operasional Pentingnya memperhatikan kondisi mesin yang Anda pergunakan menjadi keutamaan untuk perawatan mesin anda agar dapat beroperasi secara optimal, segera lakukan pemeriksaan bila terdengar suara-suara yang tidak biasa terjadi pada mesin anda.


Minimal tanyakan pada mekanik bila Anda mendengar suara mendengung, mencicit atau seperti suara benturan dua logam. Cara terbaik untuk meminimalisir terjadinya Suara-suara abnormal terjadi dengan cara condition monitoring, dengan condition monitoring anda dapat mendeteksi dini dan memantau secara berkala kondisi mesin dan menjaga kualitas mesin agar tetap terjaga optimal performa mesin.

Berikut Suara-suara abnormal yang biasa terjadi :

1. Suara dengung pada mesin: Periksa komponen-komponen mesin, mungkin pemasangan konponen-komponen mesin yang terlalu kencang.condition_monitoring
 

2. Suara berisik seperti logam bergesekan atau mencicit:  Kemungkinan keausan komponen-komponen pada mesin yang berporos atau pun komponen-komponen mesin yang  berkaitan. jika komponen-  komponen mesin ini sudah aus (tidak presisi lagi) sehingga kemungkinan besar dapat menimbulkan bunyi saat beroperasi.

3. Suara kasar seperti dua logam berbenturan keras: kejadian ini kemungkinan terjadi karena sudah melebihi batas keausan komponen mesin bahkan menyebabkan pecahnya komponen- komponen mesin dan berdampak pada komponen lainnya, sehingga misalignment alignment terjadi menimbulkan suara-suara abnormal yang frontal.

 

Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan layanan vibration monitoring & analysis. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0852-8385-3955, Email: sales@tesindo.com atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com