Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Pentingnya manufacturing process monitoring & control

26 June 2013 18:51


Pada artikel minggu ini saya akan membahas tentang pentingnya manufacturing process monitoring & control   dalam sebuah produksi produk, kenapa demikian? Berikut saya ulas selengkapnya.
 

process_monitoringManufacturing Control merupakan pengendalian serta menjadi jaminan mutu dari sebuah manajemen mutu, yang merupakan seperangkat kebijakan, prosedur, dan proses yang digunakan untuk menjamin kualitas, kuantitas, dan mutu suatu produk-produk industri dan jasa pada khususnya. pentingnya sistem manajemen sehingga sistem manajemen sangat berperan untuk mengatur kinerja, proses struktural dan peningkatan kualitas, kuantitas dan mutu untuk produk-produk hasil industri serta jasa pelayanan yang telah dihasilkan.
 

Sistem manajemen memerlukan planing yang terstruktur serta perencanaan yang matang serta terarah dan terstruktur sehingga dalam proses produksi membutuhkan online monitoring system untuk mengontrol kinerja mesin-mesin produksi.
 

Monitoring Control pada mesin harus selalu terjaga jangan sampai terbengkalai perawatan dan prosedur penggunaannya demi terjaganya kesinambungan antara kinerja mesin dengan produksi yang akan dihasilkan, proses manufaktur umumnya digunakan pada sektor-sektor industri, manufaktur adalah sebuah proses produksi mengutamakan tenaga kerja dan mesin pendukung untuk menghasilkan produksi yang berproses dari bahan mentah diolah menjadi barang setengah jadi dan disempurnakan untuk menghasilkan barang jadi dan siap diperdagangkan untuk memperoleh keuntungan.


Dibalik proses manufaktur industri ini, peranan manajemen dan Manufacturing Control menjadi hal utama yang perlu diperhatikan, karena dua faktor ini sangat berpengaruh besar jika salah satunya mengalami kendala, mau sekecil apa pun kendala yang terjadi  akan menyebabkan kinerja seluruhnya akan menurun drastis. Manufacturing Control menjadi sangat rentan bila terjadi kesalahan pada sistem operasi yang diproses oleh karena itu Control sangat diperlukan, karena dengan control proses industri akan terkendali khususnya di sektor penyediaan bahan mentah, setengah jadi, sampai barang jadi.


Online Monitoring
merupakan sistem yang sangat membantu dalam pengawasan industrial sehingga kualitas, kuantitas dan mutu produksi selalu terjaga. Jika Manufacturing Control di anggap tidak penting maka akan menyebabkan manajemen kurang efisien karena kurangnya Control sehingga bisa berdampak pada biaya operasional, hasil produksi, dan banyak lagi aspek-aspek per-industrian lainnya.


Dari penjelasan diatas saya akan memberikan contoh yang sangat mudah yaitu, jika sebuah pabrik penghasil plat tidak memiliki manufacturing process monitoring dan control maka jika terjadi kerusakan mesin atau cacad pada produk itu akan merugikan pabrik itu sendiri.
 

Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan jika banyak produk yang cacad karna tidak ada monitoring yang baik. Dan berapa banyak waktu yang terbuang untuk memproduksi kembali plat – plat yang baik.
Demikian artikel singkat dari saya tentang pentingnya manufacturing process monitoring & control semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

 



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com