Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Condition Monitoring Jembatan Dengan Inspection Tools

23 September 2013 10:52



Monitoring_jembatanJembatan adalah suatu struktur konstruksi yang memiliki fungsi sebagai  penghubung dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan lain – lain.

Jembatan memiliki banyak fungsi, sehingga peran jembatan semakin sangat penting oleh sebab itu harus ada pemantauan kondisi (condition monitoring) dan perawatan secara terjadwal agar jembatan dapat tetap berfungsi dengan baik.

Sebagai contoh seperti jembatan yang terletak di daerah Brebes, Jawa Tengah jembatan yang disebut jembatan pemali ini, sering mengalami kerusakan dalam konstruksinya,  Jembatan pemali sering sekali mendapat perbaikan namun tidak bertahan lama.
 

Banyak faktor yang dapat menimbulkan konstruksi jembatan tidak bertahan lama diantaranya adalah cara mengelas segmen-segmen pelat baja yang kurang rapat, Akibatnya terdapat crack atau lubang kecil dalam pengelasan baja, solusinya adalah dengan melakukan alat inspeksi (inspection tools) yaitu holiday detector.

Selain holiday detector,  alat inspeksi (inspection tools) yang dapat digunakan adalah ultrasonic thickness gauge. Dalam kasus ini ultrasonic thickness gauge berfungsi untuk melakukan pengujian ketebalan pelat pada jembatan.

Dengan adanya alat inspeksi (inspection tools)  tersebut maka permasalahan tentang kerusakan yang terjadi pada jembatan dapat di deteksi secara dini. 


Bridge Structural Health Monitoring System )
 

Berbicara tentang kerusakan pada jembatan maka dibutuhkan solusi untuk mengatasi permasalahan pada jembatan, pemantauan kesehatan structural pada jembatan (Bridge Structural Health Monitoring Systems ) adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan keselamatan dan mengoptimalkan kegiatan operasiona dan pemeliharaan jembatan.

Fungsi utama dari pemantauan jembatan adalah untuk menjamin ketahanan dan keamanan jembatan, serta untuk mengoptimalkan manajemen mereka. Bahkan jembatan rusak sering dapat memiliki konsekuensi serius, dan dalam beberapa kasus, mengakibatkan hilangnya nyawa manusia. dan ketika tidak ada korban jiwa, Dampak ekonominya adalah tidak hanya tercermin dari biaya rekonstruksi, tetapi juga oleh kerugian di cabang-cabang ekonomi lainnya.
 

PT Testindo selaku perusahaan yang bergerak dibidang testing service Indonesia merupakan perusahaan instrumentasi Indonesia yang menyediakan berbagai produk inspection tools  yang dapat digunakan untuk melakukan pengujian material jembatan dan juga kami memiliki jasa pemantauan kondisi (condition  monitoring) yang akan memantau kesehatan konstruksi jembatan anda.

 



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com