Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Peran Online Monitoring Pada Industri Otomotif

13 April 2015 09:52


Dari tahun ke tahun, tampaknya dunia otomotif mengalami perkembangan yang baik. Walaupun Indonesia terkena krisis moneter yang luar biasa pada tahun 1998, tampaknya minat dan daya beli masyarakat dunia otomotif nusantara tidak berkurang secara signifikanSalah satu bukti pesatnya perkembangan dunia otomotif nusantara adalah masuknya mobil-mobil dengan teknologi terkini dan beberapa di antaranya bahkan menawarkan teknologi konsep masa depan.

 

 

Salah satu teknologi terkini yang menunjukkan tingkat kemajuan dunia otomotif yang positif di Indonesia adalah teknologi CVT (Continuously Variable Transmission). Frost & Sullivan memprediksi Indonesia akan menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN pada 2019 dengan total kendaraan mencapai 2,3 juta.

 

 

Perkembangan ini dipicu oleh pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil, peningkatan kelas menengan, dan peningkatan investasi sektor otomotif serta pemberlakukan regulasi otomotif yang mendukung pertumbuhan pasar. Pada periode mendatang, Frost & Sullivan memprediksi produksi kendaraan di Indonesia akan lebih banyak melayani penjualan domestik karena banyaknya permintaan domestik serta masuknya investasi asing untuk perluasan produksi. Malaysia juga akan dilirik sebagai pusat perakitan dan manufaktur.

 

Mobil – mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan lebih akurat. Dengan bantuan komputer, pabrik – pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

 

 

Dalam proses produksi otomotif tentu akan ditemui berbagai kendala, salah satunya adalah tentang masalah kerusakan part atau mesin, tentunya dapat dibayangkan jika kerusakan mesin tersebut tidak terdeteksi secara dini.

 

 

Dampaknya adalah dari segi permintaan produksi menurun dan berakibat pada biaya atau pemasukan. Untuk mencegah hal itu terjadi dibutuhkan suatu sistem pemantauan secara online, (online monitoring system),  suatu mesin dapat di pantau kondisinya (condition monitoring), dari beban kerja mesin tersebut sampai hal – hal yang terkecil dapat dipantau.

 

 

Peran dari online monitoring system sendiri tergantung dari kebutuhan user, salah satu contoh kasus, suatu perusahaan penghasil part industri otomotif  ingin mengetahui kondisi cacad pada produk yang dihasilkan, dengan cara tidak merusak produk tersebut, atau ingin melakukan sortir, dengan adanya online monitoring system hal ini dapat dilakukan dengan cepat.

 

 

Kenapa dapat dilakukan dengan cepat? Karna semua sudah dilakukan sesuai system yang  berjalan. PT  Testindo sebagai perusahaan monitoring & control system indonesia adalah perusahaan Indonesia yang menerapkan clean management serta bergerak dalam bisnis teknologi control dan monitoring system, pengukuran dan pengujian.

 

 

Aktifitas tumbuh kembang kami didorong oleh tuntutan untuk terus mengikuti perkembangan teknologi mutakhir, kepuasan pelanggan dan dukungan para professional muda yang qualified, dengan dukungan profesional ekspertise teknologi serta berpengalaman selama bertahun-tahun dalam bidang testing dan instrumentasi, saat ini



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Email: sales@testindo.com