Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Definisi Torsi dan Horse Power yang Sering Digunakan pada Dynotest

05 June 2017 10:39


Dynotest Torsi Horse PowerSebelumnya kita sudah membahas tentang dynotest yang berfungsi untuk menguji performa pada mesin mobil dan mesin motor. Cara mengetahui performanya yaitu dengan menganalisa torsi dan horse power (HP) pada mesin tersebut. Namun, tidak semua orang bisa menganalisa torsi dan horse power yang ada pada mesin kendaraan.

 

 

Untuk anda yang memang bergelut dibidang otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan torsi dan horse power (HP). Sedangkan bagi pemilik kendaraan yang memang masih sangat awam tentunya tidak mengetahui dengan pasti apa itu torsi dan horse power pada mesin. Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara detail definisi dari torsi dan horse power :

 

 

Definisi Horse Power (Satuan Tenaga Kuda)

 

Sekilas mendengar nama horse power ini memang agak unik. Istilah ini pertama kali dipublikasikan oleh seorang insinyur yang berasal dari Skotlandia bernama James Watt. Awalnya, saat itu Watt bekerja di sebuah tambang batu bara. Di tambang tersebut menggunakan kuda pony untuk mengangkat hasil tambang yang cukup berat.

 

 

Hal inilah yang membuat Watt menjadi penasaran untuk mengetahi tenaga dari kuda pony tersebut. Setelah pengamatan yang ia lakukan maka ditemukan hasil jika kuda pony mampu mengangkat beban dengan berat 550 pounds atau 249,4 Kg dengan jarak tempuh 30,48 cm dalam waktu 1 detik. Kemudian, berat 550 pounds tersebut dikalikan 60 detik sehingga menghasilkan 33.000 foot pounds/minute. Hasil inilah yang dijadikan dasar ukuran 1 Horse Power (HP).

 

 

Bisa disimpulkan jika definisi dari horse power yaitu kemampuan untuk mengangkut beban pada jarak tempuh dan dalam hitungan waktu tertentu yang dikeluarkan oleh suatu mesin.

 

 

Definisi Torsi

 

Sedangkan torsi yang dimaksud disini adalah gaya yang dibutuhkan untuk memutar suatu benda pada porosnya.Fungsi torsi sangatlah penting, karena dengan adanya torsi maka pergerakkan pada kendaraan bisa terjadi, berarti torsi memiliki peran untuk menggerakkan benda dari posisi diam hingga melaju kencang. Torsi merupakan ukuran dari tenaga yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan.

 

 

Manfaat Horse Power dan Torsi pada Mesin

 

 

Walaupun toris dan horse power berbeda, namun keduanya memiliki hubungan yang erat dalam sistem mesin. Horse power bermanfaat agar kendaraan bisa melaju dengan cepat atau kencang, sendangkan torsi berperan sebagai penggerak awal mulai dari kondisi mesin diam sampai melaju kencang sehingga mampu menghasilkan Horse Power.

 

 

Dengan mengetahui torsi dan horse power maka pengujian kendaraan bermotor menggunakan sistem dynotest ini dapat berjalan sempurna. Dengan begitu anda bisa mengetahui performa maksimal yang dimiliki oleh kendaraan.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com