Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Penyebab Runtuhnya Jembatan Tanipah, Kalimantan Selatan

22 August 2017 09:50


Tepat pada 17 agustus 2017 sebagian orang merayakan hari kemerdekaan yang ke 72 untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah tiada. Namun, ada satu peristiwa dimana hari yang katanya merdeka tapi untuk desa Bangkit Baru, Kecamatan Mandastana Botala dan desa Tanipah mereka tidak merasakan kemerdekaan,dikarenakan jembatan yang baru saja dibangun mengalami runtuh.

 

jembatan tanipah rubuh ambruk 
Sumber gambar : www.banjarmasin.tribunnews.com

 

Jembatan dengan panjang 100 meter di bangun pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2016 dengan menggunakan APBD sekitar 17 Miliar, untuk menghindari terisolasinya warga. Di kutip dari kompas.com “ Ambruknya Jembatan Tanipah di Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito terjadi pada jam 11.20 WITA , dan tidak ada korban jiwa karena tidak ada lalu lintas yang lewat ketika terjadinya bencana tersebut” tutur Ardiansyah,

 

Runtuhnya jembatan tanipah membuat warga sekitar menjadi terisolasi karena akses untuk ke kota atau ke desa tetangga hanya mengandalkan jembatan tersebut, para siswa dan guru pun terlambat ke sekolah. Warga sangat menyayangkan kejadian ini, pasalnya jembatan Tanipah baru selesai dibangun setahun yang lalu.

 

Ardiansyah menjelaskan bahwa penyebab runtuhnya ambruknya jembatan Tanipah ini karena tiang pancang utama yang menopang bagian tengah jembatan ambles ke dalam sungai, sehingga bagian tengah lantai jembatan menjadi ambruk.         

 

perahu polietilena
Sumber gambar : www.kompas.com

Perahu Polietilena Sebagai Alternatif untuk Warga Menyebarang

 

Pihak Badan Penanggulangan Bencan Daerah (BPBD).menyiapkan perahu polietilena sebanyak 4 buah untuk membantu warga menyebrang, namun warga juga masih kecewa karena perahu tidak dapat menyebrangkan kendaraan mereka terlebih warga sekitar sangat mengandalkan kendaraan motor untuk menunjang aktifitas mereka.

 

 

Pihak kepolisian pun terus melakukan pengecekan untuk memastikan kembali penyebab terjadinya bencana tersebut dan akan menanyakan kepada kontraktor yang terkait akan pembangunan jembatan tersebut.

 

Dengan kejadian ini maka kondisi jembatan harus diperhatikan sebelum dioperasikan. Maka dari itu, setiap jembatan harus diadakan uji kelayakan terlebih dahulu ketika selesai dibangun. Salah satu jenis pengujian jembatan yang harus dilakukan adalah load test (uji Beban). Pengujian ini berfungsi untuk mengetahui tingkat ketahanan jembatan terhadap beban yang diterima dari atas jembatan.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system melayani jasa load test jembatan yang didukung dengan tenaga profesional dan dilengkapi dengan instrument yang memadai. Jika anda berminat untuk melakukan load test silakan hubungi nomor telpon yang tertera di website ini atau berbicara langsung dengan staf kami melalui fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Email: sales@testindo.com