Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Proses Penyelidikan dan Pengukuran Tanah Sebelum Dijadikan Pondasi Bangunan

08 September 2017 11:17


Dalam membuat bangunan terutama gedung bertingkat, perumahan, jalan raya, dan jembatan membutuhkan proses yang panjang, harus membutuhkan team surveyor, team geoteknik untuk mengukur dan menguji sifat atau jenis tanah tersebut. Pada dasarnya, untuk membuat bangunan atau pondasi harus diatas tanah dengan keadaan elevasi yang tepat , sehingga bangunan akan tetap berdiri kokoh tanpa adanya pergeseran atau pergerakan tanah.

 

geoteknik untuk mengukur tanah

Sumber gambar : www.elshinta.com

 

Proses Penyelidikan Tanah

 


Team surveyor akan melakukan survey ke tempat yang ingin dibangun untuk menghitung tanah, luasnya, lebar dan panjang dari tanah tersebut, surveyor pun akan melakukan perhitungan elevasi pada permukaan tanah dengan tanah sekitarnya. Perngukuran tanah yang dilakukan surveyor menggunakan alat theodolite dan waterpass untuk mempermudah pengukuran. Setelah dilakukan pengukuran maka akan dilakukan pemasangan stek atau patok untuk mendapatkan koordinat.

 

 


Setelah melakukan pengukuran maka akan mendapatkan koordinat yang akan dilakukan perhitungan kedalam software, perhitungan tersebut akan diberikan kepada team pembuat desain atau drafter untuk membuat perencaan pada gambar.

 


Jika Surveyor hanya mengukur pada bagian permukaan tanah, sedangkan team geoteknik melakukan pengujian kedalaman tanah menggunakan Sondir. Alat sondir merupakan alat yang ditusuk kedalam tanah dengan bantuan manometer yang terdapat pada alat tersebut untuk membaca atau mengetahui dari sifat tanah, tanah mempunyai berbagai lapisan yang berbeda.

 

 


Data yang diperoleh dari pengujian sondir pun dilakukan perhitungan dan diberikan kepada team pembuat desain atau drafter untuk membuat gambar perencanaan. Membuat gambar rencana akan dilakukan sesuai pertimbangan yang ada dilapangan untuk menentukan desain pondasi rumah atau bangunan yang kuat konstruksinya.

 

 


Setelah dilakukan perhitungan dan membuat gambar rencana biasanya akan dilakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB), pembuatan RAB sangat penting untuk mengetahui estimasi total biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan rumah atau gedung sehingga pengeluaran keuangan akan efektif.

 

 

Selanjutnya barulah dilakukan pengerjaan pembangunan yang nantinya akan dilakukan oleh kontraktor mulai dari pembuatan pondasi dan juga pemilihan pondasi yang sesuai dengan gambar rancangan awal yang telah disahkan oleh konsultan.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system melayani jasa yang berhubungan dengan geoteknik seperti PDA Test dan CSL Test. Kami memiliki tim berpengalaman dan didukung dengan peralatan yang memadai. Jika berminat silakan hubungi kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini, atau bicara langsung melalui fitur chating online di pojok bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com