Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Early Warning System untuk Gunung Berapi

31 October 2017 14:51


Early Warning Sistem ( Peringatan Dini), alat ini berfungsi untuk memberikan peringatan ketika akan terjadi bencana, seperti tsunami, gempa bumi, longsor dan banjir. Alat ini memiliki sensor dan alarm sebgai tanda akan terjadi bencana.

 

Beberapa wilayah di Indonesia masuk ke dalam zona rawan bahaya karena berada di dekat laut dan gunung berapi. Maka dari itu, sangat penting untuk memasang alat early warning system yang dapat mendeteksi datangnya bencana alam. Pemasangan early warning sistem dapat dilakukan pada titik yang benar-benar rawan bencana.

 

Early Warning System

 

Sumber gambar : www.kabarnusa.com

 

Early Warning System

 

Salah satu titik bencana yang paling berbahaya adalah gunung berapi aktif. Early warning system berfungsi untuk memantau pergerakan yang terjadi pada gunung tersebut. Jika dahulu warga yang tinggal di sekitar lereng gunung mengandalkan juru kunci untuk memantau aktifitas gunung dan juga menganalisa sifat-sifat hewan untuk mencari tahu apakah aktivitas gunung tersebut sedang meningkat atau tidak.

 

Kebanyakan hewan akan mengalami sifat aneh seperti banyaknya hewan yang turun secara berkelompak dari gunung dan banyak burung yang keluar dari sarangnya. Selain itu, tanda lainnya yang menandakan aktivitas gunung berapi sedang meningkat yaitu udara menjadi panas. Sebenarnya, mengandalkan juru kunci sangat beresiko tinggi karena jika salah perhitungan dan gunung berapi meletus secara tiba-tiba dapat menimbulkan banyak korban jiwa.

 

Early Warning System Gunung Berapi

 

Sumber gambar : www.eletronic-sirene.com

 

Biasanya speaker early warning system dipasang tepat di pusat desa di sekitar gunung. Sedangkan sensor early warning system akan dipasang disebelah seismometer dan tiltmeter. Sensor early warning system akan bekerja ketika pergerakan gunung menunjukan aktifitas yang meningkat kemudian sensor memberikan nada informasi dari bawah dan speaker pun berbunyi.

 

Maka dari itu, pemasangan sensor harus dilakukan dengan benar agar speaker alarm hanya berbunyi ketika ada pergerakan yang besar saja. Kalau tidak diatur dengan baik, ketika ada pergerakan sedikit saja pada gunung maka speaker pun ikut menyala, tentunya kejadian ini bisa membuat warga menjadi bingung.

 

Cara kerja early warning system gunung berapi secara umum yaitu ketika gunung sedang mencapai titik aktivitasnya maka seismometer,tiltmeter dan sensor early warning system akan bekerja untuk mengirimkan sinyal bahaya. Seismometer dan tiltmeter akan di terima oleh badan pengawasan terkait sedangkan early warning system akan langsung berbunyi melalui speaker untuk memberikan nada bahaya kepada penduduk sebagai tanda agar penduduk segera mengungsi.

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan pemasangan instrument early warning system secara permanen. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor telepon yang tertera di website ini atau chat melalui fitur chating online yang ada di pojok website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com