Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

3 Instrument Ampuh untuk Mengukur Penurunan Tanah

02 July 2018 09:11


Pondasi memiliki peran yang sangat penting agar suatu konstruksi bangunan tetap berdiri kokoh menahan beban yang diterima. Pembangunan pondasi harus melihat kontur dan struktur tanah yang dijadikan landasannya. Untuk menentukan apakah tanah tersebut cocok atau tidak dijadikan landasan pondasi maka harus dilakukan pengujian serta konsolidasi tanah atau perhitungan penurunan tanah.

 

Dalam melakukan konsolidasi tanah dibutuhkan instrument yang tepat agar hasil perhitungan yang didapatkan lebih akurat, apa saja nama instrument tersebut? Berikut ini ulasannya :

 

Settlement Plate

 

Settlement Plate

 

Settlement plate berfungsi untuk mengukur waktu terjadinya penurunan tanah dalam waktu tertentu yang sebelumnya sudah diamati oleh alat survey.

 

Nantinya, data dari settlement plate ini apakah penurunan tanah masih berlangsung atau sudah berakhir. Sayangnya, data yang didapat bisa saja salah jika terjadi kerusakan pada settlement plate atau kesalahan pada pemasangan settlement plate itu sendiri.

 

Piezometer

 

Piezometer

 

Secara umum, piezometer digunakan untuk mengukur tekanan air pori tanah. Namun, piezometer memiliki fungsi lainnya diantaranya adalah sebagai antisipasi atau backup data jika data yang diterima dari settlement plate tidak akurat. Piezometer sangat diandalkan dalam menentukan penurunan tanah, karena instrument ini berfungsi untuk mengukur tekanan air pori, sehingga jika tekanan air porinya sudah diketahui maka periode terjadinya penurunan tanah bisa diketahui dengan mudah.

 

Inclinometer

 

Inclinometer

 

Instrument terakhir yang juga memiliki peran penting dalam mengukur penurunan tanah adalah inclinometer. Instrument ini berfungsi untuk mengukur gaya geser tanah, sehingga ketika terjadi pergeseran tanah akibat pengaruhi kerja pada saat konstruksi bisa langsung diketahui apakah membahayakan atau tidak. Bisa dibilang inclinometer merupakan early warning system jika suatu tanah timbunan pada aktivitas konstruksi masih bisa terus menerima timbunan supaya tidak mengalami longsor akibat penurunan tanah.

 

Dengan menggunakan ketiga instrument geoteknik di atas maka pengerjaan pembuatan pondasi suatu bangunan bisa berjalan dengan lancar. Namun, dibutuhkan orang-orang berpengalaman untuk melakukan instalasi dan pemasangan ketiga alat geoteknik di atas. Selain itu, pastikan settlement plate, inclinometer dan piezometer yang digunakan memiliki kualitas terbaik.

 

Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan berbagai instrument geoteknik. Informasi pemesanan silakan hubungi kami melalui nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 082258706420, Email: sales@tesindo.com atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com