Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Pengaruh Air Tanah pada Lahan gambut Terhada Fluks CO2

30 January 2018 13:25


Tanah gambut adalah jenis tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang mati atau membusuk ribuan tahun lalu, lahan gambut bisa menjadi sumber energi yang dapat dimanfaatkan. Selain itu lahan gambut juga bisa menjadi pengendali iklim yang mampu menyimpan dan menyerap karbo selama berjuta-juta tahun.

 

Biasanya tanah pada lahan gambut digunakan untuk perkebunan kelapa sawit, nantinya lahan gambut dibakar habis untuk mendapatkan tanah asli yang bisa ditanami pohon sawit. Sayangnya, asap dari pembakaran lahan gambut bisa menjadi masalah serius karena dapat mengganggu arus lalu lintas, perdagangan dan aktifitas warga lainnya.

 

Terdapat kawasan lahan gambut yang luas di Indonesia yaitu, Sumatera, Kalimantan dan Papua.  Kebakaran yang terjadi dilahan gambut menyebabkan bertambahnya karbondioksida di udara sehingga memperburuk kualitas udara disekitar lahan.

 

Hasil penelitian menyebutkan bahwa kedalaman muka air tanah sangat berpengaruh terhadap fluks CO2. Rata-rata lahan gambut dapat menyimpan karbon sekitar 2000-3000 t, hal ini membuktikan bahwa lahan gambut merupakan salah satu tipologi ekosistem yang berperan penting dalam karbon global. Biasanya untuk melihat volume dan tekanan air tanah menggunakan alat piezometer dan inclinometer.

 

Untuk melakukan restorasi lahan gambut dapat dilakukan pemetaan yang berfungsi untuk memperkirakan dimana area yang berbahaya dan rawan terjadinya kebakaran serta memiliki emisi karbon yang tinggi.

 

Dengan memperlakukan lahan gambut secara baik dan benar akan sesuai dengan kemampuannya atau daya dukung lahannya akan meningkatkan kapasitas dari lahan gambut tersebut. Selama pengelolahan lahan dilapangan akan dibuatkan saluran primer.

tanah gambut restorasi

 

Sumber Gambar: loperaufklarung.wordpress.com

 

Saluran yang di buat bertujuan untuk memasukan air (fresh water)  dan yang dapat menjaga suhu pada lahan gambut. Efek global membuat lahan menjadi kering dan sangat memungkinkan terdapat titik-titik api.

 

Pembuatan ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi lahan gambut dan juga untuk melihat pengaruh kedalaman muka air tanah terhadap Fluks CO2 yang dihasilkan dari lahan gambut di perkebunan kelapa sawit.

 

Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan layanan dan pemasangan instrument sistem monitoring lahan gambut yang didukung dengan tenaga ahli dan instrument yang memadai. Informasi lebih jelasnya silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testindo.com



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Email: sales@testindo.com