Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Bridge Monitoring System Jembatan Kukar

17 March 2016 06:24


structural-health-monitoring-system-kukar

 

Sekilas Tentang Jembatan Kukar

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam dan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan Ini memiliki panjang secara keseluruhan mencapai 710 meter, dengan bentang bebas, atau area yang tergantung tanpa penyangga, mencapai 270 meter. Fungsi Jembatan ini merupakan sarana penghubung antara kota Tenggarong dengan kecamatan Tenggarong Seberang yang menuju ke Kota Samarinda.

 

Jembatan Kukar pernah runtuh pada tanggal 26 November 2011 pada pukul 16.20 pada waktu setempat, jembatan ini ambruk dan roboh mengakibatkan puluhan kendara yang melintas diatasnya tenggelam ke Sungai Mahakam. akibat kejadian ini 24 orang meninggal dan puluhan lainya mengalami luka - luka.

 

Dari kejadian runtuh tersebut dilakukan investigasi mengenai penyebab runtuhnya jembatan kukar, dan dari hasil penelitian 3 universitas menunjukan terjadi kesalahan pada konstruksi jembatan serta Tim Institut Teknologi 10 November menyatakan terjadi ada kelemahan pada klem pengikat kebel vertical.  

 

Bridge Monitoring System Pada Jembatan Kukar Yang Baru

 

Setelah  runtuh jembatan kukar mengalami pembangunan kembali pada tahun 2013, dan pada akhir tahun 2015 jembatan kukar yang baru telah dibuka dan diresmikan oleh pejabat setempat. Dari segi konstruksi jembatan kukar yang baru juga mengalami perubahan, menurut beberapa informasi terkait jembatan kukar yang baru di klaim dapat bertahan dengan hingga 100 tahun.

 

Namun untuk dapat bertahan hingga 100 tahun, diperlukan pemeliharaan terhadap jembatan, salah satu langkah dalam pemeliharaan jembatan adalah dengan melakukan structural health monitoring system.

 

Artikel Terkait: Structural Health Monitoring System

 

Bridge monitoring system adalah system pemantauan online pada jembatan,metode ini adalah suatu metode pemantauan terhadap konstruksi jembatan, dengan kata lain kita melakukan pemantauan terhadap jembatan.

 

Pada kasus jembatan kukar, PT Testindo selaku perusahaan yang ditunjuk untuk melakukan pemantauan, melakukan pekerjaan Structural Health Monitoring System (SHMS), yaitu melakukan pekerjaan pemantauan kondisi kesehatan jembatan kukar, hal ini bertujuan untuk mendapatkan data – data terkait mengenai kondisi jembatan, seperti data kemiringan konstruksi jembatan, pergeseran konstruksi jembatan,pergeseran pada bearing, regangan konstruksi jembatan  dan data – data lainya yang dibutuhkan ahli jembatan untuk menganalisa situasi jembatan.

 

Yang pada intinya bridge monitoring system bertujuan untuk mendukung aktivitas pemeliharaan jembatan, yang akan menghasilkan rasa aman pada pengguna jembatan.



Another Blog