Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Jembatan Simpang Susun Semanggi, Pengurai Kemacetan Jakarta

17 July 2017 04:06


Kehadiran jembatan Simpang Susun Semanggi diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan yang ada di Jakarta. Memiliki bentuk lingkaran dengan panjang hingga 826 meter maka jembatan ini diklaim sebagai jembatan Lekung terpanjang di Indonesia. Rencananya, jembatan Simpang Susun Semanggi juga akan dihiasi dengan kemilau lampu LED, sehingga jembatan ini akan terlihat eksotis pada malam hari.

 

 

Simpang Susun Semanggi dibangun menggunakan teknologi canggih yang bisa dibilang baru pertama kali digunakan di Indonesia. Berdasarkan keterangan dari Manager Proyek Simpang Susun Semanggi, Dani Widiatmoko menjelaskan teknologi struktur yang digunakan pada jembatan ini berupa box girder precast. Sedangkan untuk pemasangan setiap strukturnya menggunakan metode yang disebut shoring dan lifter.

 

jembatan simpang susun semanggi load test

 

sumber gambar: sidomi.com

 

Jembatan Simpang Susun Semanggi

 

Dilansir dari Detik.com, Dani mengatakan, “kalau yang lurus kan hanya dengan satu metode selesai. Kalau kita, karena dia melengkung ada efek torsi (efek putaran) di bagian tumpuannya. Artinya metode kita harus kita kombinasi agar pada saat pelaksanaan tidak menimbulkan kegagalan struktur.”

 

 

Jembatan Simpang Susun Semanggi telah diuji coba pada tanggal 13 Juli 2017. Pengujian dilakukan dengan fokus dua bentang terpanjang pada jembatan. Untuk pengujian ini mendatangkan tim yang berasal dari Komisi Pengujian Terowongand dan Jalan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

 

 

Uji beban atau yang dikenal dengan Load Test terbagi menjadi 2 metode yaitu metode statis dan dinamis.

 

 

Hananto Krisna selaku Kepala Seksi Pembangunan Jalan Tidak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta menjelaskan untuk metode uji dinamis pada jembatan ini menggunakan truk yang memiliki bobot muatan 46 Ton.

 

load test simpang susun semanggi

 

sumber gambar: jawapos.com

 

Load Test atau Uji Beban Jembatan

 

Teknis metode yang dijalankan yaitu meletakan undakan kayu pada bagian terpanjang di jembatan ini. Kemudian, truk jalan menaiki undakan kayu tersebut hingga terjadi benturan dan hentakan antar ban dengan jalan. Nantinya, sensor yang terpasang pada jalan atau aspal akan memberikan data pada alat khusus yang digunakan untuk load test. Data tersebut akan digunakan untuk menilai kelayakan struktur jembatan Simpang Susun Semanggi.

 

 

Jembatan Simpang Susun Semanggi ini sudah mulai rampung dan rencananya akan diremsikan pada tanggal 17 Agustus 2017 bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan RI.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system melayani jasa load test untuk jembatan. Kami memiliki tenaga ahli dan berpengalaman yang didukung dengan peralatan atau instrument memadai. Jika anda berminat untuk menggunakan jasa load test kami, silakan hubungi staff kami melalui fitur chatting yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog