Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Mencegah Bangunan Roboh Saat Gempa Bumi dengan Quasi Static Actuators

24 August 2017 04:40


Gempa bumi merupakan bencana alam yang paling ditakuti oleh masyarakat dan para pekerja kantoran, mereka yang bekerja pada gedung – gedung bertingkat memang merasa selalu khawatir akan terjadinya gempa  bumi yang datang secara tiba – tiba. Para karyawan biasanya akan panik jika menghadapi gempa bumi, sehingga mereka saling berebut keluar untuk menyelamatkan diri.

 

 

Jika gempa dengan skala yang besar dapat menyebabkan gedung menjadi roboh, sehingga dapat menimbulkan korban jiwa karena ada pekerja yang tidak sempat keluar dari gedung.

 

 

 

Indonesia merupakan wilayah yang rawan gempa karna berada diwilayah lempengan tektonik, gempa terjadi karena lempengan tektonik secara mendadak bergeser dan mempunyai kekuatan yang kecil hingga besar. Maka dari itu, penting untuk membangun gedung bertingkat dengan sistem tahan gempa.

 

 

Bangunan yang baik terhadap gempa yaitu :

 

  • Digoyangkan gempa ringan, tidak mengalami kerusakan
  • Digoyangkan gempa sedang, mengalami kerusakan namun tidak pada strukturnya
  • Digoyangkan gempa besar, mengalami kerusakan struktur namun tetap berdiri kokoh

 

 

Struktur bangunan yang sudah beridiri sebaiknya dilakukan pengujian terlebih dahulu, salah satunya adalah pengujian tahan gempa. Pengujian ini menggunakan alat yang disebut Quasi Static Actuators. Alat ini berbentuk seperti hidrolik dengan ukuran yang sangat besar.
 

Quasi Static Actuators Alat uji gempa simulators

 

Quasi Static Actuators

 

Kelebihan alat ini yaitu bisa langsung diuji di lapangan menggunakan struktur atau rangka gedung yang sedang dibangun. Sehingga ketika ada salah satu rangka bangunan yang bermasalah ketika diuji bisa segera ditangani. Sistem kerja Quasi Static Actuators ini sebenarnya sederhana, ketika alat sudah dipasang lalu nyalakan. Alat akan memberikan gaya dorong seperti gempa yang skalanya bisa diatur, semakin besar skalanya maka semakin besar pula gaya dorongnya.

 

 

Dengan adanya alat Quasi Static Actuators ini bisa membantu para kontraktor untuk meningkatkan keamanan pada gedung bertingkat, sehingga jika terjadi gempa bumi gedung akan tetap berdiri dengan kokoh dan tidak menimbulkan korban jiwa.

 

 

Di Indonesia masih jarang bahkan belum ada yang menjual alat ini. Namun, anda tidak perlu khawatir karena PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system di Indonesia menjual Quasi Static Actuators untuk uji ketahanan bangunan terhadap gempa bumi.

 

 

Untuk melakukan pemesanan silakan hubungi staf kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini, atau bicara langsung dengans tim kami melalui fitur chating online yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog