Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

HMP LFG : Alat Uji Kepadatan Tanah Digital

02 April 2018 16:50


Jalan raya merupakan infrastruktur yang sangat erat kaitannya dengan transportasi. Jika kondisi jalannya bagus atau tidak bermasalah maka segala macam jenis kendaraan (kendaraan umum, kendaraan pribadi, kendaraan pengiriman barang) bisa lewat dengan lancar. Efeknya, perekonomian di wilayah tersebut ikut meningkat secara perlahan.

 

Sayangnya, masih banyak jalan raya yang cepat rusak atau berlubang padahal penggunaannya belum terlalu lama. Biasanya hal ini disebabkan kurangnya daya dukung tanah sehingga tanah menjadi kurang padat dan akibatnya sangat mudah mengalami penurunan.

 

Maka dari itu, dibutuhkan pengujian daya dukung dan kepadatan tanah pada tanah yang nantinya akan dibuat menjadi jalan raya. Pengujian ini dinamakan CBR Test (California Bearing Ratio).

 

Secara definisi, CBR Test adalah metode pengujian pembebanan dengan memberikan penetrasi pada tanah menggunakan alat khusus. Pengujian CBR di Indonesia masih dilakukan secara manual, yaitu menggunakan alat yang dioperasikan oleh beberapa operator dan memakai alat berat sebagai beban penetrasinya.

 

Cara Pemasangan Alat CBR Test

 

Caranya sangat sederhana, tentukan titik tanah yang akan diuji kemudian letakkan alat CBR Test. Setelah itu siapkan alat berat (truck, excavator, dll) yang akan digunakan sebagai beban.

 

Posisikan alat berat di atas alat CBR. Biasanya pengujian ini dilakukan setiap rentan waktu 30 detik, 1 menit hingga 10 menit. Putar handle sesuai dengan waktu yang direncanakan, secara bertahap jarum akan menunjukan penurunan tanah.

 

Hasil pengujian CBR ini dicatat dan nantinya dianalisa menggunakan rumus untuk menentukan hasil penurunan dan kelayakan tanah.

 

Sebenarnya saat ini sudah ada alat uji digital untuk mengukur kepadatan dan daya dukung tanah yaitu HMP LFG. Seperti apa detailnya alat ini ? berikut penjelasannya :

 

“HMP LFG” Alat Digital untuk Uji Kepadatan Tanah dan Daya Dukung Tanah

 

Alat ini merupakan pengembangan dari alat CBR Test manual yang sudah terintegrasi dengan sensor dan monitor digital. HMP LFG dilengkapi dengan mini printer sehingga bisa langsung mencetak hasil pengukuran di lokasi.

 

Pada HMP LFG terdapat Drop Weight yang berfungsi untuk memberikan penetrasi pada tanah sehingga tidak membutuhkan alat berat lagi. Berikut ini video cara penggunaan alat ini :

 

 

Jika Anda berminat untuk membeli HMP LFG atau ingin melihat spesifikasinya, silakan klik link ini : Jual Alat Uji Kepadatan Tanah



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com