Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Jembatan Layang Antapani Retak

09 June 2017 14:34


Jembatan Layang Antapani Bandung yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Jembatan Pelangi’ ini mengalami keretakkan pada bagian bawah.

 

Padahal, Jembatan yang berada di Jalan Terusan Jakarta tersebut baru diresmikan awal Januari 2017. Retakan berada di bagian sisi kanan bawah jembatan, mungkin jika anda hanya melintas tidak terlalu kelihatan.

 

 

Saat ini, bagian retakan pada jembatan tersebut ditutupi terpal dan kayu. Sedangkan untuk jalan sisi kanan jembatan ditutup seng sehingga tidak bisa dilewati para pengguna jalan.

 

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Iskandar Zulkarnaen, menjelaskan jika lubang menganga pada sisi jembatan disebabkan kebocoran pipa PDAM sehingga membuat penahan timbunan yang terbuat dari beton ringan menjadi retak.

 

 

“Yang terbuka adalah penahan timbunan dari beton ringan akibat kebocoran pipa PDAM. Tidak terlalu berdampak dengan struktur utamanya. Dugaan sementara adalah pipa PDAM.” Ungkap Iskandar Zulkarnaen, dilansir dari kompas.com

 

 

Namun, pria yang kerap disapa Zul ini menjelaskan jika pihaknya sedang melakukan tahap perbaikan. Ia pun sudah berkoordinasi dengan Pusjatan dan pihak dari kontraktor untuk menjalankan proses perbaikan bagian jembatan yang retak.

 

 

“Kami membantu proses perbaikan dengan penyedotan air untuk pengeringan saluran yang bocor. Kami juga berkoordinasi dengan kontraktor dan Pusjatan karena masih dalam pemeliharaan,” ujar Zul.

 

 

Dalam memperbaiki jembatan ini tentunya dibutuhkan monitoring system untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan oleh retakan ini.

 

 

Pembangunan Jembatan Layang Antapani dimulai Juni 2016 dan berhasil diselesaikan dalam jangka waktu 6 bulan atau lebih tepatnya bulan Desember 2016. Jembatan yang merupakan proyek percontohan Balitbang ini menelan anggaran Rp 33,5 milyar.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com