Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Metode Online Monitoring Bearing untuk Mencegah Terjadinya Kerusakan

26 September 2017 10:43


Bearing merupakan bagian paling penting karena memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap seluruh peralatan dan proses kerja dalam industri, maka dari itu bearing harus selalu dipantau atau dilakukan monitoring agar ketika terjadi aus atau kerusakan bisa langsung diperbaiki. Jika tidak dipantau, maka ketika bearing rusak dapat menghentikan seluruh kerja mesin sehingga proses produksi pun ikut berhenti total.

 

 

Dalam melakukan monitoring bearing melibatkan 3 macam panca indera utama manusia yaitu sentuhan, penglihatan dan suara. Pemantauan paling dasar yang dilakukan yaitu melalui observasi elemental. Online Monitoring bearing menggunakan alat dan sensor yang dapat merekam sesuai dengan indera utama manusia, berikut ini beberapa metode yang dilakukan untuk melakukan monitoring bearing :

 

 

 

 

Online Monitoring Bearing

 

 

Visual Monitoring

 

Metode visual monitoring meliputi pengamatan kondisi korosi, kondisi pelumas dan pengamatan kerusakan. Bearing yang terpasang biasanya diberikan pelumas untuk membersihkan minyak pada bagian segel. Kondisi minyak pada saat proses pembersihan dapat menunjukan adanya kontaminasi atau tidak. Jika warna minyak seperti susu berarti menunjukan kondisi pelumasan harus segera diperbaiki atau dilakukan pelumasan ulang.

Selain itu, pemantauan bagian yang korosi juga harus dilakukan, karena jika terjadi korosi dengan tingkat yang tinggi dapat menurunkan performa dan kekuatan bearing. Kerusakan permukaan dan segel harus selalu dipantau. Dari pemantauan ini dapat dilihat sinyal keausan, panas dan performa abnormal lainnya sebelum terjadinya kerusakan total.

 

 

Monitoring Suara

 

Monitoring suara merupakan metode yang paling sering dilakukan karena suara yang bising merupakan indikator yang paling tepat dan mudah untuk dilakukan, bahkan untuk operator pemula sekalipun. Pemantauan seperti ini bisa dilakukan oleh para operator setiap hari. Mereka bisa langsung mengetahui apakah bearing mengeluarkan suara yang ganjil atau tidak.

 

 

Ada 2 observasi yang bisa didapatkan pada saat memantau suara pada bearing :

  1. Ketika terdengar suara yang ganjil pada bearing maka para operator bisa langsung mengganti bearing agar tidak terjadi kerusakan total pada seluruh komponen mesin.
  2. Pada saat dilakukan pemantauan, mungkin suara ganjil pada bearing tidak terlalu terdengar karena tertutupi dengan suara mesin lainnya. Disinilah keuntungannya jika Anda menggunakan stetoskop (dengan amplifikasi) dan decibel meter, karena kedua alat ini memiliki kemampuan untuk mengukur dan merekam kinerja bearing walaupun kondisi suara disekitar sangat bising.

 

 

Bearing harus berjalan secara tenang dan tanpa suara sedikitpun. Jika timbul suara yang aneh pada bearing maka sebaiknya segera dilihat karena kemungkinan terjadi cacat atau kerusakan pada bearing. Beberapa suara yang menjadi tanda kerusakan bearing seperti suara memekik dan ada bunyi klik dapat menjadi petunjuk jika bearing mengalami kelonggaran dan harus segera diperiksa.

 

 

Monitoring suara sangat berbeda dengan jenis monitoring lainnya. Metode ini lebih kepada identifikasi kinerja bearing yang buruk. Biasanya monitoring suara dilakukan pada saat bearing bekerja dalam kecepatan yang tinggi sehingga jika ada suara yang ganjil atau aneh bisa terdengar jelas.

 

 

Monitoring Fisik

 

Pemantauan pada fisik bearing dengan cara disentuh sejauh ini disebut sebagai metode yang paling efektif dan akurat untuk memprediksi terjadinya kegagalan atau kerusakan pada bearing. Metode sentuhan ini bisa digunakan sebagai parameter getaran, suhu dan pelumasan.

 

 

Suhu (Temperature)

 

Pemantauan suhu bearing sangatlah penting karena jika bearing rusak maka suhu seluruh komponen menjadi panas. Alat yang bisa digunakan untuk melakukan monitoring suhu adalah thermocouple dan resistance temperature doctors (RDT). Kedua alat ini dipasang pada bagian bearing dan bisa dipantau secara real time.

 

 

Pada bagian switch temperature bisa digunakan sebagai peringatan jika suhu bearing sudah mencapai level yang berbahaya. Sebenarnya, banyak produsen bearing yang menawarkan pemasangan sensor pada cangkang atau rumah bearing untuk memantau suhu bearing selama bekerja. Ada juga alat portable untuk memantau panas bearing dengan efisien dan cepat. Alat ini menggunakan temografi inframerah/ Infrared Thermography (IR) untuk mengidentifikasi variasi suhu. Walaupun alat ini tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu di tempat yang luas, tapi alat ini sangat mudah digunakan dan harganya cukup terjangkau.

 

 

Getaran

 

Pemantauan getaran merupakan metode yang dapat memberikan banyak informasi untuk menganalisa bearing. Cara yang paling tepat untuk menjalankan metode ini adalah dengan menggunakan sentuhan untuk membedakan apakah kinerja bearing terasa halus atau kasar. Selain untuk mengidentifikasi bearing, analisa getaran juga dapat dilakukan untuk mengidentifikasi seluruh sistem mesin yang bekerja apakah terasa halus atau kasar.

 

 

Dalam melakukan pemantauan ini digunakan sensor accelerometer yang menggunakan basis magnetic yang bisa dipasang secara permanen ataupun dalam bentuk portable. Sensor akan mengukur kecepatan bearing sesuai dengan standart sensitivitasnya. Namun, dalam menganalisa menggunakan sensor ini dibutuhkan pelatihan khusus untuk mengumpulkan dan mengolah data yang diterima.

 

 

Pelumasan

 

Pemantauan sederhana lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelumasan untuk mendeteksi adanya kontaminasi partikel keras. Caranya, teknisi melumasi bagian bearing dengan minyak khusus, tidak perlu banyak-banyak cukup seujung jari saja kemudian digosokan pada bearing. Jika minyak menggumpal berarti menunjukan bearing harus sering diberikan pelumas untuk menghindari terjadinya kerusakan.

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan jasa online monitoring bearing dengan peralatan yang memadai dan didukung dengan tenaga ahli dan berpengalaman. Silakan hubungi kami ke nomor telpon yang ada diatas website, atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating yang tersedia di website ini.

 

sumber: www.efficientplantmag.com



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com