Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Penjelasan Mekanisme Pembuatan Gorong-Gorong

22 January 2018 16:59


Gorong-gorong merupakan sebuah saluran air yang dibuat untuk mengalirkan air hujan agar daerah tersebut tidak menjadi banjir karena genangan air. Gorong-gorong terbuat dari material beton ataupun baja yang kuat untuk menahan laju air dan tidak mengalami keropos jika terkena air.

 

Biasanya material yang digunakan untuk gorong-gorong yaitu beton precast karena sangat praktis dan tidak terlalu sulit untuk dipindahkan. Material yang digunakan untuk pembuatan gorong-gorong memiliki bentuk yang beragam seperti persegi, bulat dan trapezium.

 

Pekerjaan gorong-gorong bertujuan untuk mengurai debit air sehingga terhindar dari banjir. Selain menggunakan beton precast, penggunanaan dapat dilakukan  cor di tempat dengan bantuan mobil mixer atau molen untuk memberikan kualitas cor yang baik.

 

pembuatan gorong-gorong

 

Sumber gambar : radarcebon.com

 

Sebelum dilakukan pembuatan gorong-gorong, harus dilakukan pembersihan sisa-sisa material dan sampah yang ada di lokasi. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan ekscavator ataupun secara manual dengan menggunakan cangkul.

 

Tahapan-tahapan dalam melakukan pengecoran pekerjaan gorong-gorong.

 

1) Pelaksanaan Setting Out

 

Dalam pekerjaan ini akan dilakukan pengukuran titik-titik box dan pengecekan elevasi khususnya item pekerjaan yang menyangkut dengan elevasi. Seperti pekerjaan galian , persiapan lantai kerja.

 

2) Pelaksanaan Pekerjaan Galian Struktur

 

Pekerjaan ini dilakukan untuk dilakukan pekerjaan galian tanah dengan lebar tertentu dan kedalaman tertentu sesuai rencana, galian dilakukan untuk mendapatkan elevasi keadaan tanah agar.

 

3) Pelapisan Tanah

 

Pelapisan Tanah dilakukan untuk menimbun bagian tanah yang memiliki elevasi kurang dari rencana perencanaan agar sama rata dan gorong-gorong akan tetap lurus.

 

4) Pelaksanaan Pembesian dan Pemasangan Bekisting

 

Pekerjaan akan dilakukan pembesian untuk perkuatan dalam pembuatan gorong-gorong untuk menahan beban arus air yang mengalir didalam gorong-gorong agar tidak keropos.

 

Setelah dilakukan pengecoran ditempat, tahap selanjutnya dilakukan pengeringan dengan cara didiamkan. Setelah kering, dilakukan pemadatan tanah disekeliling pekerjaan gorong-gorong, lalu dipasangkan penutup agar ketika gorong-gorong ingin dibersihkan tinggal membuka penutup tersebut.

 

Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system menyediakan layanan Structural Health Monitoring System, Load Test, Slope Monitoring dan Crack Monitoring yang didukung tenaga ahli dan instrument yang memadai.

 

Informasi lebih jelasnya silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0813 9929 1909, Email: sales@testindo.com



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com