Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Mengenal 3D Laser Scanner

19 June 2020 13:41


Dalam dunia teknik perancangan dan permodelan, mungkin sudah tidak asing dengan sebutan 3D Laser Scanning. 3D Laser Scanning termasuk dalam teknologi ndt atau non-destructive test yang secara digital menangkap bentuk objek fisik seperti bangunan menggunakan sinar laser. 3D Laser Scanning membuat titik awan (point cloud) data dari permukaan objek yang discan tersebut.


Dengan kata lain, 3D Laser Scanning adalah cara untuk mengambil ukuran dan bentuk objek fisik secara akurat lalu dimasukkan ke komputer dalam bentuk 3D / 3 dimensi. 3D Laser Scanner adalah alat yang mampu melakukan laser scanning.




3D Laser Scanner adalah alat yang bisa menangkap bentuk objek fisik kemudian ditampilkan ke komputer, data yang sudah dikumpulkan akan berbentuk 3D yang berguna untuk kebutuhan pembangunan atau proyek.


3D Laser Scanner mengukur detail dengan halus dan menangkap bentuk bebas untuk dengan cepat menghasilkan point cloud yang sangat akurat. Alat ini cocok untuk pengukuran dan inspeksi permukaan berkontur dan geometri rumit yang membutuhkan data dalam jumlah besar untuk kebutuhan akurasinya.


3D Laser Scanner dapat membuat titik awan atau point clouds dari permukaan objek yang dipindai dalam bentuk geometric. Lalu titik – titik ini bisa digunakan untuk rekonstruksi bentuk dari objek yang dipindai. Jika informasi warna dikumpulkan pada masing – masing titik maka warna – warna pada permukaan objek juga dapat ditentukan.


Alat ini sangat mirip dengan kamera karena mempunyai medan pandang seperti kerucut dan hanya dapat mengumpulkan informasi tentang permukaan yang terkena cahaya. Kamera bekerja dengan mengumpulkan informasi warna permukaan di jarak pandangnya sedangkan 3D laser scanner dapat mengumpulkan informasi jarak permukaan di jarak pandangnya sehingga hasil gambarnya memberikan informasi mengenai jarak masing-masing titik pada permukaan tersebut.


Model 3D biasanya sering digunakan untuk proses desain mesin, bangunan, animasi, survei minyak dan gas bumi, serta proses lainnya yang mengutamakan visual. Untuk membuat model 3D akan lebih mudah jika menggunakan 3d laser scanner. Ini juga dapat membuat orang lebih mudah dalam mendesain ulang bangunan atau merenovasi suatu bangunan.


Selain pemodelan ulang, fungsi lain dari 3D Laser Scanner adalah memotret dari tempat atau bangunan yang ada, bahkan sampai kendaraan. Alat ini memudahkan Anda jika ingin melakukan suvey pada suatu bangunan, Anda bisa mengambil memotret dengan jelas detail bangunan atau objek tersebut lalu menghasilkan model 3D yang sama persis dengan objek yang dipotret tersebut, ini biasa disebut model as-built.


Kita juga bisa membuat model CAD 3D dengan mudah dan dapat memahami bagian bangunan mana yang mengalami kerusakan, lalu dapat dilakukan perbaikan dan menghasilkan bangunan yang lebih baik.



3D Laser Scanner juga dapat digunakan untuk quality control (uji kualitas) suatu produk dengan membandingkan dengan model yang sudah ada sebelumnya. Hasil dari scan tersebut bisa digunakan untuk simulasi produk apakah sudah benar atau ada yang perlu direvisi.



3D Laser Scanner juga bisa digunakan untuk keperluan kesehatan dan bahkan fashion. Produk yang perlu prefebrikasi menjadi lebih mudah untuk dibuat karena kita dapat mensimulasikan proses pembuatan dan lainnya sebelum benar – benar diproduksi.



Proses belajar yang mengutamakan visual akan sangat efektif dengan menggunakan 3D Laser scanner ini. Contohnya, mendokumentasikan bangunan bersejarah secara 3D untuk dikenalkan kepada masyarakat. 3D Scanning merupakan cara terbaik untuk mengumpulkan data geospasial tanpa perlu repot-repot mengukurnya secara langsung ke lokasi.



Walaupun harga alat ini masih tergolong cukup mahal untuk masyarakat biasa atau pengguna personal, namun jangan khawatir, ada banyak jasa 3d laser scanning yang menawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.



Cara Kerja 3D Laser Scanning:


Akuisisi Data melalui 3D Laser Scanning


Proses 3D laser scanning pada suatu objek akan dimulai dengan laser yang diletakkan di atas alas digitizer untuk memindai objek tersebut. Software khusus mendorong probe laser di atas permukaan objek. Probe laser memproyeksikan garis sinar laser ke permukaan sementara 2 kamera sensor terus menerus merekam perubahan jarak dan bentuk garis laser dalam bentuk 3D (XYZ) saat memindai seluruh objek.



Data yang dihasilkan


Data yang dihasilkan berupa jutaan titik yang disebut point cloud yang ditampilkan di komputer saat laser bergerak menangkap seluruh bentuk permukaan objek. Prosesnya pun sangat cepat, dapat mengumpulkan 750.000 point cloud per detik dan sangat akurat (hingga ± .0005 ?).



Pilihan Pemodelan Tergantung dengan Aplikasi


Setelah data point cloud dibuat, mereka digabung dan terdaftar menjadi satu tampilan 3D dari objek yang dipindai dan setelah diproses dengan berbagai software yang cocok untuk aplikasi tertentu.



Arahkan Data Point Cloud untuk Inspeksi


Jika akan menggunakan data point cloud untuk inspeksi, objek yang discan dapat dibandingkan dengan data nominal CAD. Hasil dari perbandingan ini akan ditampilkan dalam bentuk laporan penyimpangan peta warna dalam format PDF yang secara langsung menggambarkan perbedaan antara data point cloud dengan data CAD.



Model CAD untuk Teknik Reverse


Laser scanning adalah metode tercepat, paling akurat, serta otomatis untuk mendapatkan data digital 3D untuk melakukan rekayasa ulang. Dengan menggunakan software khusus, data point cloud digunakan untuk membuat model CAD. Model CAD memungkinkan untuk reproduksi objek yang dipindai atau dapat diubah lagi dalam model CAD untuk memperbaiki kesalahan.



Intinya teknologi 3D Laser Scanning ini sangat berguna untuk bidang apapun. Terutama untuk bidang arsitektur, perancangan, konstruksi, upgrade dan maintenance, hingga survey untuk kebutuhan infrastruktur.  Pekerjaan yang disebutkan di atas menjadi lebih mudah dilakukan, cepat, dan hemat. Tidak hanya hemat waktu, tapi juga dapat menghemat biaya operasional dan lainnya.



Apalagi hasil dari 3D Laser Scanner ini lebih akurat dibandingkan dengan cara lainnya. Kesalahan dalam pembangunan juga akan terminimalisir, terutama pada proyek pembangunan yang melibatkan banyak orang.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com