Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Deteksi Utilitas di Bawah Tanah Dengan Ground Penetrating Radar/GPR

07 October 2020 14:52


Testindo.com – Untuk para kontraktor mendeteksi utilitas yang berada di bawah tanah saat ingin membangun gedung, jalan, terowongan, stadion atau konstruksi lainya adalah hal yang penting. Karena dikhawatirkan terdapat berbagai macam utilitas yang terpendam dibawah tanah seperti pipa gas, pipa listrik, kabel internet atau semacamnya. Untuk mendeteksi utilitas tersebut biasanya digunakan alat yang disebut ground penetrating radar.

Ground penetrating radar terdiri dari unit control, antena pengirim, antenna penerima, tempat penyimpanan data dan peralatan display.  Ground Penetrating Radar (GPR) adalah alat yang digunakan dalam proses deteksi benda – benda yang terkubur di bawah tanah dengan tingkat kedalaman tertentu, dengan menggunakan gelombang radio, biasanya dalam range 10 MHz sampai 1GHz .


Prinsip Kerja GPR

Ground penetrating radar atau bisa disebut juga georadar memiliki prinsip kerja dengan gelombang radio dipancarkan kebawah permukaan dan kemudian dipantulkan kembali ke receiver dengan variasi tertentu bergantung pada perbedaan konstanta dielektrik material (impedansi elektromagnetik). Receiver mencatat variasi ini dalam sinyal yang dipantulkan kembali ke permukaan.Dua hal yang dicatat yaitu waktu perjalanan gelombang dan intensitas gelombang. Sehingga didapatkan estimasi kedalaman objek yang dicari maupun jenis material objek.




Aplikasi GPR

Aplikasi ground penetrating radar dapat digunakan untuk survey utilitas yang terpendam di tempat yang dangkal, tempat yang dalam, dan pengujian  beton. Survey GPR untuk benda-benda yang terpendam di tempat yang dangkal dapat dilakukan oleh satu orang dan antena GPR dapat ditarik dengan menggunakan tangan atau ATV. GPR ini dapat digunakan untuk mencari lokasi pipa, tank, drum, pencitraan beton, studi arkeologi. Gambar 3 menunjukkan salah satu aplikasi GPR untuk mendeteksi keberadaan pipa.


Leica DS2000 Solusi Deteksi Utilitas  Di Bawah Permukaan Tanah

Bagi anda yang ingin memiliki alat GPR yang handal dalam mendeteksi benda-benda dibawah tanah, LEICA DS2000 adalah solusi terbaik. LEICA DS2000 memiliki dual frequency antenna, yaitu 250 Mhz dan 700 Mhz, yang dapat dengan mudah mendeteksi pipa air, pipa listrik,pipa gas atau material logam lainnya di kedalaman bawah tanah hingga kedalaman empat meter, dan terintegrasi dengan Global Positioning System (GPS) sehingga aktivitas deteksi bawah tanah bisa langsung dipetakan dalam format kordinat.

Salah satu keunggulan Leica DS200 adalah dapat memudahkan anda dalam pengujian di berbagai medan, karena Leica DS2000 dilengkapi dengan empat roda penggerak yang dapat menyesuaikan dengan tingkat kemiringan medan.

 

 


Tidak Hanya Mensupply Alat, Testindo memiliki layanan Jasa Ground Penetrating Radar

Tidak hanya mensupply alat GPR Testindo juga dapat membantu anda dalam jasa survey ground penetrating radar, kami memiliki tenaga engineering yang berpengalaman dalam aktivas georadar ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang pemesanan LEICA DS2000 atau jasa survei GPR dapat menghubungi kami di +62 813-9929-1909 | Zulfikri atau email sales@testindo.com, selain itu anda juga dapat menggunakan layanan live chat di pojok kanan bawah web ini. 



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com