Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Kenali getaran secara dini dengan condition monitoring

10 October 2013 14:41


condition monitoringSetiap mesin ketika beroperasi akan menghasilkan getaran. Pada batas tertentu getaran tersebut akan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen mesin. Kerusakan yang terjadi secara mendadak dari mesin-mesin yang sedang dioperasikan akan berakibat terhentinya proses produksi, terbuangnya jam kerja karyawan serta pengeluaran biaya perbaikan yang mahal.

Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, diperlukan usaha perawatan serta mengetahui kondisi-kondisi dan batas dari mesin yang dioperasikan, sehingga tindakan penyelamatan dapat cepat diambil jika kondisi batas tersebut dicapai dan kerusakan lebih parah dapat dihindari.

Untuk mengetahui kondisi pada mesin, sebenarnya kita dapat melakukan pemantauan kondisi (condition monitoring) pada mesin.  Dengan melakukan pemantauan kondisi pada mesin secara dini,  kita dapat mengetahui dengan cepat permasalahan yang terjadi di dalam mesin.



Sifat-sifat getaran yang ditimbulkan pada suatu mesin dapat menggambarkan kondisi gerakan¬-gerakan yang tidak diinginkan pada komponen - komponen mesin, sehingga pengukuran, dan analisa getaran dapat dipergunakan untuk mendiagnosa kondisi suatu mesin.



Banyak teknologi yang digunakan untuk melakukan condition monitoring terhadap mesin dan gunakanlah teknologi yang tempat untuk melakukan pemantauan terhadap mesin berikut ini adalah beberapa teknologi yang sangat tempat untuk mendukung pemantauan kondisi terhadap mesin.

 

Vibration Meter
Vibration Meter
Cara paling sederhana memonitor mesin adalah mengukur nilai getaran (overall). Pengukuran ini mendapatkan nilai amplitude getaran. Sebagian mekanik menggunakan nilai getaran (overall) tersebut untuk menentukan batasan getaran pada mesin.

 

 

 

 

 

 

 

 


Vibration Analyzer
Vibration AnalyzerSejak tahun-tahun terakhir ini, teknologi pengukuran getaran telah berkembang dengan pesat dan merupakan metode yang efektif  untuk menganalisa dan memonitor kondisi mesin-mesin. Dengan teknik ini suatu mesin yang berputar dapat dimonitor pada posisi tertentu untuk mengetahui kondisinya. Tujuan utamanya adalah untuk mengetahui secara dini setiap perubahan kondisi  dan memprediksi kerusakan yang akan mungkin terjadi, sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat untuk perbaikan.

 

 

 

 

 


Online Vibration Monitoring
Online Vibration MonitoringMesin utama pada suatu proses produksi adalah mesin dengan pengawasan tinggi. Kerusakan yang terjadi secara mendadak adalah kerugian besar dalam proses produksi tersebut. Karena beberapa alasan seperti tingkat critical, kesulitan pengambilan data vibrasi, dan keselamatan operator digunakan Online Vibration Monitoring.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com