Home     About Us     Partners     Clients     Experiences     Testimoni     Magang     Member

twittergoogle+linkedin

Deteksi Dini Masalah pada Kesehatan Jembatan dengan Bridge Structural Health Monitoring Systems.

05 December 2016 09:30


 

Sebelum saya menerangkan tentang cara mendeteksi dini suatu masalah pada jembatan ,pada artikel dibawah ini ada suatu artikel yang kami kutip dari merdeka.com tentang “jembatan apung di kampung laut Cilacap yang ambruk”.

 

Di kutip dari merdeka.com pada tanggal kamis, 1-12-2016 yang berjudul “Jembatan apung di Kampung Laut Cilacap ambruk karena kelebihan beban”

 

Merdeka.com – Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Balitbang Kementerian PUPR), segera mengirimkan tim untuk memperbaiki kerusakan jembatan apung  yang  ambruk, Kamis (1/12)."Kami  sudah memperoleh info hasil identifikasi kerusakan. Dan sedang disiapkan peralatan dan tim bantuan untuk perbaikan, pak. Tim perbaikan meluncur  sore  ini kelokasi," Kata anggota tim riset sistem modular wahana apung dari Balitbang PUPR, Diana Dewi saat dihubungi.

 

Dia mengemukakan, dari hasil temuan di lapangan, ambruknya jembatan tersebut dikarenakan adanya beban berlebih  yang  berada di satu lokasi jembatan apungtersebut.Padahal, dia menjelaskan jembatan apung tersebut belum resmi dioperasikan.


Terkait dengan adanya informasi mengenai jembatan yang ambruk, kami akan berbagi sedikit mengenai solusi deteksi dini masalah pada kesehatan jembatan dengan solusi Bridge Structural Health Monitoring Systems

 

Sebuah program monitoring jembatan yang sukses membutuhkan perencanaan yang tepat, desain dan pelaksanaan. Untuk sepenuhnya memenuhi tujuan dari program seperti itu, perhatian khusus harus diberikan kepada kekhususan masing-masing jembatan sepanjang proses ini.

 

Pemantauan Kesehatan structural memungkinkan penilaian cepat kesehatan jembatan, dan pendekatan ini diakui sebagai salah satu cara terbaik  yang tersedia untuk meningkatkan keselamatan umum dan mengoptimalkan kegiatan operasional dan pemeliharaan untuk jembatan.

 

Program pemantauan memainkan peranan penting selama fase konstruksi, memungkinkan verifikasi hipotesis desain dan proses konstruksi. informasi yang tepat waktu ini, dalam beberapa kasus, dapat mempercepat tingkat konstruksi , dan juga meningkatkan kualitas keseluruhan jembatan ini. Belajar bagaimana jembatan melakukan dalam kondisi nyata, dalam lingkungan alam, akan membantu desainer menciptakan struktur  yang lebih baik di masa depan. Kebanyakan cacat terjadi pada saat konstruksi, dan deteksi kerusakan berkelanjutan dapat digunakan untuk mengidentifikasi penyimpangan dari kinerja desain.

 

Sumber:https://www.merdeka.com/peristiwa/jembatan-apung-di-kampung-laut-cilacap-ambruk-karena-kelebihan-beban.html

 



Another Blog