Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Insiden Patahnya Jembatan Cipamingkis, Jalur Poros Tengah Timur Ditutup Sementara

18 April 2017 09:45


Jembatan Cipamingkis patah geotechnical instrumentation

Gambar : Detik.com (Dok. Polres Bogor)

 

 

Pada Kamis (13/04/2017), terjadi insiden patahnya jembatan Cipamingkis, Jonggol, Jawa Barat. Jembatan ini merupakan bagian paling penting untuk menghubungkan poros tengah timur, sehingga jumlah kendaraan yang lewat juga lumayan banyak. Penyebab terjadinya insiden ini diperkirakan karena arus sungai di bawah jembatan cukup deras sehingga menggeser bagian tiang penyangga jembatan.

 

 

Dilansir dari detik.com, “Diperkirakan arus air sungai yang cukup deras mengikis salah satu tiang penyangga jembatan bagian tengah, sehingga menimbulkan pergeseran pada tiang atau penyangga,” ungkap Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika.

 

 

Jika tiang penyangga bergeser dapat menyebabkan bagian tengah jembatan menjadi patah. Jembatan Cipamingkis ini berada di Jl. Raya Jonggol-Cariu, RT 03 RW, Jonggol, Kabupaten Bogor.

 

 

Dicky menjelaskan, patahnya jembatan penghubung poros tengah timur ini terjadi pada pukul 23.00 WIB, “Peristiwa putusnya jembatan diketahui sekitar pukul 23.00 WIB. Lokasi kejadian Jembatan Cipamangkis. Jembatan tersebut adalah jembatan penghubung vital pada jalur poros tengah timur” ujar Dicky.

 

 

Dalam insiden ini dipastikan tidak ada korban jiwa. Namun, akses jalan antara Jonggol-Cariu maupun sebaliknya untuk saat ini ditutup sementara.

 

 

“Dengan adanya kejadian tersebut mengakibatkan terputusnya akses jalan antara Jonggol-Cariu maupun Cariu ke Jonggol. Dalam peristiwa tersebut tidak terdapat korban jiwa,” kata Dicky.

 

 

Sebenarnya, untuk menghindari kerusakan dan kelebihan beban pada jembatan bisa dilakukan Loading test Jembatan dan geotechincal instrumentation sebelum jembatan itu dibangun. Dengan begitu, dapat diketahui kapasitas beban yang dapat ditampung jembatan dan jika terjadi pergerakkan pada jembatan bisa segera ditangani.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan Control dan Monitoring system menyediakan layanan berupa jasa loading test jembatan dan jasa geotechnical instrumentation yang didukung dengan peralatan yang lengkap dan tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Untuk info lengkap dan pemesanan silakan anda hubungi langsung staff melalui tombol chat berwarna biru dibawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com