Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Kenapa Kalibrasi Harus Dilakukan? Ini Penjelasannya!

02 May 2017 16:54


jasa kalibrasi jakarta bekasi alat ukurJasa Kalibrasi- Dalam selang waktu tertentu biasanya alat ukur akan mengalami pergeseran nilai pengukuran yang biasanya disebabkan oleh faktor lingkungan, penggunaan, dan perawatannya. Tentu saja pergeseran nilai ukur ini sangat beresiko terhadap alat yang digunakan, karena jika terjadi salah pengukuran pada suatu alat maka kinerja pada alat yang diukur tidak akan maksimal.

 

 

 

Maka dari itu, setiap alat ukur harus dikalibrasi untuk mendapatkan nilai pengukuran yang tepat. Secara ilmiah, kalibrasi adalah metode penyesuaian nilai ukur  dengan cara mencari perbandingan standar referensi yang tertelusur (traceable) standart ukur nasional ataupun international.

 

 

Manfaat dari Kalibrasi :

 

  • Menjamin kepastian dari nilai ukur
  • Dapat mengetahui penyimpangan pada alat ukur
  • Memberikan standart kualitas pengukuran
  • Menentukan kelayakan alat ukur

 

Pada umumnya, kalibrasi membandingkan nilai ukur pada alat ukur dengan standart nasional yang sudah ditentukan. Nilai standart nasional ataupun international ini ditentukan oleh lembaga atau badan terpercaya yang telah tersertifikasi dan telah di sah kan secara resmi.

 

 

Pembuatan laporan mengenai hasil kalibrasi biasanya mencakup 2 hal yaitu nilai koreksi dan ketidakpastian pengukuran. Nilai koreksi merupakan nilai pengukuran yang tingkat akurasinya sangat tinggi sehingga mendekati nilai yang sebenarnya. Sedangkan, nilai ketidakpastian pengukuran yaitu nilai pengukuran yang masih jauh dari nilai yang sebenarnya.

 

 

Kalibrasi ini sangat penting dan harus dilakukan oleh semua industri yang menggunakan alat untuk menilai produknya. Hal ini dikarenakan pemisahan produk antara yang reject dengan produk yang bagus berawal dari ketepatan dalam pengukuran. Jika alat ukur yang digunakan menunjukan nilai ukuran yang tidak sesuai standart, dapat menyebabkan kualitas produk menurun.

 

 

Ternyata, kalibrasi penting sekali bahkan sangat berpengaruh terhadap kualitas produk.

 

 

Sebagai pemilik atau pelaku industri tentu saja anda ingin memiliki kualitas produk yang bagus dan memuaskan. Maka dari itu, perhatikan perawatan peralatan kerja anda dan lakukan kalibrasi pada alat-alat yang menggunakan nilai ukur.

 

 

Namun, dalam melakukan kalibrasi dibutuhkan kemampuan untuk membaca data dan nilai ukur. PT Testindo sebagai perusahan control system dan online monitoring menyediakan jasa kalibrasi alat ukur dengan laboratorium yang tersertifikasi dan didukung dengan tenaga ahli berpengalaman.

 

 

Jika anda berminat menggunakan jasa kalibrasi yang disediakan oleh Testindo silahkan menghubungi staff kami melalui nomor yang tertera disamping website ini atau gunakan fitur chatting berwarna biru yang ada di pojok kanan bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com