Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Mengetahui Kerusakan Material dengan Pengujian NDT Radiografi

02 July 2018 10:15


Pengujian radiografi ialah pengujian yang dilakukan tanpa merusak benda tersebut, misalnya tanpa merusak bahan baik dari fisik maupun reaksi kimia yang ada didalam benda tersebut. Pengujian Radiografi adalah untuk mendapatkan gambar bayangan pada benda padat dengan menggunakan cahaya tembus radiasi X dan sinar gamma Y.

 

 

Pengujian radiografi umumnya dilakukan pada bidang tenik mesin, teknik elektro, teknik sipil dan lain – lain. Metode pengujian radiografi mengandalkan penggunaan radiasi elektromagnetik, suara, dan sifat bahan untuk menguji.

 

 

Tujuan dilakukan pengujian Radiografi untuk mendeteksi cacat pada permukaan benda ataupu didalam benda, mengukur geometri benda, menentukan reaksi kimia pada benda, pengujian dilakukan untuk mendapatkan kuliatas barang yang baik, menghindari kecelakaan, mengurangi biaya pengeluaran yang berlebih.
 

 

metode ndt radiografi

 

Sumber gambar  : www.1.bp.blogspot.com

 

Metode NDT Radiografi

 

 

Pengujian radiografi mempuyai sensitivitas yang tinggi. Cara kerja dari radiografi adalah alat tersebut dipasang untuk dilakukan pengujian dan dipancarkan sinar X ray ke benda yang ingin dilakukan pengujian, memancarkan sinar x ray yang bisa menembus pada material yang diperiksa untuk mengetahui jenis material atau reaksi kimia yang ada pada benda tersebut,  setelah sinar X ditembakkan ke benda tersebut, akan mendapatkan data dan bayangan dari benda tersebut. Jika benda tersebut terdapat kecacatan maka hasilnya akan ketahuan.

 

 

metode radiografi

 

Sumber gambar : www.batammap.worpress.com

 

Gambar diatas merupakan alat untuk pengujian Radiografi, pengujian tersebut memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan dalam pengujian tersebut.

 

 

Keuntungan Radiografi

  1. Persiapan pengujian yang mudah
  2. Dapat dilakukan pengujian dalam berbagai jenis material
  3. Dapat melihat kecacatan atau deformasi pada surface dan subsurface

 

Kekurangan Radiografi

  1. Butuh tenaga ahli yang menjalankannya
  2. Peralatan yang mahal
  3. Terdapat efek dari Radiasi pada tubuh

 

 

Pada setiap pengujian penting untuk menggunakan baju atau perlengkapan diri untuk menghindari resiko terkena radiasi yang ditimbulkan oleh alat tersebut karna akan memperngaruhi sistem jaringan pada tubuh sang pengguna, pengujian pun harus dilakukan hati-hati agar mendapatkan proses yang maksimal.

 

 

PT Testindo sebagai perusahaan control dan monitoring system di Indonesia melayani jasa Non Destructive Test (pengujian tanpa merusak) menggunakan metode radiografi. Jika anda berminat silakan anda hubungi staff kami melalui Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 085740652657, Email: sales@tesindo.com atau tanya langsung melalui kolom chat berwarna biru yang di bawah website ini. kolom chat warna biru yang ada di bawah website Testindo.com



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com