Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Jalur Lintas Sumatera Krui-Baha Amblas Sepanjang 75 meter

13 October 2017 11:23


Telah terjadi amblas pada jalur Lintas Sumatera tepatnya jalur Krui-Baha sepanjang 75 meter di Kilometer 22. Jalur ini merupakan jalan penghubung Lampung dengan Bengkulu. Amblasnya jalan ini terjadi pada Rabu (11/10) malam.

 

jalan amblas sepanjang

 

Sumber gambar: facebook.com/KemenPUPR

 

Kementrian PUPR melalui Ditjen Bina Marga mengirim tim pada hari Kamis (12/10) untuk menganalisa penyebab kerusakan dan mengirim ekscavator untuk membersihkan badan jalan. Rencananya, nanti malam akan dikirim Jembatan Bailey yang berfungsi sebagai jembatan darurat berupa rangka baja yang bisa dipindahkan dengan mudah. Tujuan pengiriman jembatan bailey agar ruas yang amblas tersebut bisa berfungsi kembali dengan cepat.

 

Marga Zamharis Basuni selaku Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Ditejen Bina Marga menjelaskan untuk menyelesaikan jembatan yang amblas ini membutuhkan waktu 7-8 hari karena jarak pengangkutan jembatan bailey dari gudang peralatan yang ada di Palembang hingga menuju lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam. Sedangkan untuk pengerjaan jalan yang amblas dengan bentang 40-50 meter membutuhkan waktu 6-7 hari.

 

Penyebab amblasnya jalan diperkirakan karena curah hujan yang tinggi sehingga mengikis badan jalan. Selain itu, mengingat posisi jalan yang amblas berada di pesisir pantai, kemungkinan juga disebabkan terkena kikisan air laut yang saat itu sedang naik.

 

Sebenarnya, sebelum terjadi jalan yang amblas bisa diketahui dengan sistem monitoring yang bisa dipantau melalui komputer jarak jauh. Sinyal pemantauan bisa diterima menggunakan wireless yang mampu menembus jarak hingga 10 km.

 

PT Testindo menyediakan layanan slope monitoring atau sistem monitoring jalan  untuk menghindari terjadinya amblas ataupun longsor. Beberapa jalan yang bisa dimonitoring yaitu runaway bandara, jembatan layang, jalur lintas antar kota dan lainnya. Informasi pemesanan silakan hubungi tim kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini atau bicara langsung melalui fitur chating online yang ada di pojok bawah website ini.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3045
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com