Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Anda Memilih SCADA RTU

01 July 2015 13:12


RTU (Remote Telementry Units) merupakan salah satu komponen yang terdapat pada SCADA, RTU sendiri merupakan sebuah unit komputer mini / kecil yang sudah dilengkapi oleh sistem standalone, seperti halnya sebuah komputer yang sudah dilengkapi sistem standalone namun SCADA RTU ini berfisik lebih kecil dibandingkan komputer. SCADA RTU memiliki fungsi mengumpulkan data data lokal yang didapatkanya dari sebuah sensor sensor yang ada dan RTU langsung mengirimkan perintah tersebut kepada peralatan di lapangan.
 

SCADA RTU harus mampu berkomunikasi dengan berbagai macam peralatan yang terdpat dipabrik dan bisa bertahan terhadap berbagi macam kondisi cuaca (panas, dingin, kelembapan dan lain lain). Berikut beberapa hal yang anda mesti ketahui saat anda ingin mimilih RTU yang bagus dan berkualitas.
 

  1. Kapasitas yang cukup untuk mendukung berbagai macam alat alat di pabrik anda (cakupan SCADA yang diinginkan), Untuk itu jika anda ingin membeli SCADA RTU jangan sampai anda salah pilih dengan kapasitas yang berlebihan sehingga tidak akan digunakan, hal ini adalah pemborosan.}
     
  2. Kontruksi yang tahan banting dan mampu bertahan dalam suhu dan cuaca extreme. Pasti anda mengerti kan ? seandainya tidak tahan banting dan tidak kuat melawan cuaca extreme, buat apa anda pasang RTU tersebut? Bisa jadi alat pengukuran anda tidak tepat lagi bahkan alat anda bisa jebol.
  3. Catu daya yang melimpah dan aman (safety). Sistem SCADA selalu bekerja keras selama 24 jam nonstop tiap harinya, tujuh hari seminggu. Maka dari itu sudah seharusnya kita gunakan RTU yang mendukung dala penggunaan daya dari baterai, idealnya ada dua sumber catu daya (listrik dan baterai)
     
  4. Port komunikasi yang cukup. Koneksi jaringan bisa membantu RTU tetap online walau saaat itu koneksi sedang rusak atau gagal. Selain itu, RTU dengan port komunikasi beragam dapat mendukung migrasi LAN.
     
  5. Memori Nonvolatile (NV-RAM) untuk menyimpan Firmware. NV-RAM menyimpan data walau saat catudaya dimatikan, firmware hasil modifikasi dll. Dapat diambil ke NV-RAM melalui jaringan, sehingga RTU akan selalu terbarui (up to date) tanpa harus sering mengunjungi lokasi RTU tersebut.
     
  6. Kontrol cerdas (Smart Control). Sistem SCADA yang sudah canggi seperti saat ii bisa mengontrol dirinya sendiri sesuai dengan program atau pengaturan yang di-inputnya, terutama terhadap masukan berbagai sensor sensor.
     
  7. Real Time Clock (jam waktu nyata). Untuk mencatt tanggal atau waktu yang tepat dan akurat pada sebuah laporan.
     
  8. Pewaktu Watchdog yang memastikan SCADA RTU dapat re-start saat terjadinya kegagalan daya (failure power).
     

 

PT Testindo merupakan perusahaan indonesia yang bererak dibidang Control dan Monitoring System, pengukuran dan pengujian. Saat ini Testindo didukung oleh lebih dari 100 karyawan enginering dan teknisi dari beberapa ilmu pengukuran dan dan monitoring dari unuversitas dalam dan universitas luar negeri.
 

PT Testindo melayani Client dari perusahaan yang bergerk dibidang industrial, kelistrikan, minyak dan gas, pertambangan, keamanan, bidang sipil dan lain lain yang terkait peningkatan Quality Assurance, Health and Safety (HSE), reliability and productivity, serta Research & Development.



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com