Home About Us Partners Clients Experiences Testimoni Magang Member

BAGAIMANA INDUSTRI SEMEN DAPAT DENDETEKSI KERUSAKAN PADA BEARING SEJAK DINI?

30 June 2020 15:21


Teknik Acceleration enveloping banyak digunakan dalam industri semen di mana bearing rentan terhadap kegagalan karena lingkungan kerja yang agresif.

Alasannya jelas, mengatasi keterbatasan teknik pemantauan pengkondisian mesin konvensional, seperti pengukuran spektrum kecepatan, untuk mendeteksi kegagalan bearing sedini mungkin.

Itu dilakukan dengan membedakan antara tanda getaran bearing yang gagal terhadap latar belakang getaran mesin tingkat rendah yang berulang. Hal ini memungkinkan tingkat keausan komponen untuk dipantau dan pekerjaan pemeliharaan direncanakan sesuai.

Baca Juga : Apa Itu Torque Sensor?

Bentuk gelombang tanpa filter dari bering yang gagal adalah terjadinya campuran frekuensi rendah dan tinggi serta tidak memiliki pola yang jelas. Akselerasi Enveloping mengatasi ini dengan terlebih dahulu menerapkan band pass filter, yang dipilih dengan cermat untuk mengisolasi hanya frekuensi yang mengandung sinyal yang menarik.

Output yang difilter mengidentifikasi pengulangan, sinyal frekuensi tinggi, kemudian diperbaiki dan didemodulasi untuk menghasilkan ‘envelop’ dari sinyal spasi teratur yang mungkin terjadi ketika elemen berjalan melewati jalur cacat pacuan kuda, misalnya. Penyebab kebisingan lainnya, seperti gesekan poros, adalah acak dan tidak akan menghasilkan puncak dengan jarak yang merata ini.

Namun, akselerasi envelop memiliki keterbatasan. Karena teknik mendeteksi kesalahan bearing yang dimanifestasikan oleh dampak logam-ke-logam yang berulang, apa pun yang menutupi ini – seperti gasket atau damper – akan menempatkan mesin di luar ruang lingkup penggunaannya. Selain itu, menafsirkan hasil mungkin memerlukan tingkat keterampilan dan pengalaman tertentu yang diperoleh dari periode pemantauan yang panjang.


Jika aplikasi cocok untuk Acceleration Enveloping dan personel terampil tersedia untuk menginterpretasikan sinyal, penting untuk memilih sensor getaran yang memiliki respons frekuensi yang sesuai. Ini harus dipasang dengan aman dekat dengan komponen yang dipantau dan diposisikan untuk mengukur gerakan horisontal, vertikal atau aksial, sebagaimana diperlukan.

Pada motor penghancur biasa, misalnya, accelerometer dipasang secara radial pada ujung drive dan ujung non-drive untuk memantau kondisi bantalan motor. Sementara itu, dalam gearbox, akselerometer aksial pada poros input dapat memberikan indikasi yang baik dari gaya dorong yang bekerja padanya.

Baca Juga : Tips Perawatan Mesin

Kondisi ekstrim produksi semen menantang untuk bearing. Acceleration eveloping sebagai bagian dari dasar pemeliharaan berbasis kondisi yang luas, akan menemukan masalah sejak dini dan memastikan bahwa aset bertahan lebih lama sebelum kegagalan, memaksimalkan waktu kerja alat berat, dan meningkatkan efisiensi pabrik.

Sensorindo.com menjual berbagai macam sensor pendeteksi getaran pada mesin, siap suply keseluruh Indonesia dengan harga bersahabat.

Untuk informasi pemesanan silahkan Hubungi :

Telpon / Wa : 081399291909

Email : it106@testindo.com

atau bisa hubungi kami di webchat pada website kami



Another Blog


Link Information
Contact Us
  • Office: Jl.Radin Inten II No 61 B Duren Sawit Jakarta Timur
  • Phone: 021-2956-3051
  • Whatsapp: 0813-9929-1909 (Zulfikri)
  • Whatsapp: 0822-5870-6420 (Anto)
  • Whatsapp: 0821-1460-7782 (Faoji)
  • Email: sales@testindo.com